Melukis dengan Akrilik di atas Kanvas

Salah satu hobi saya yang tidak pernah saya tinggalkan adalah melukis,

Dulu sebelum saya paham tentang teknik melukis di kanvas, saya pikir membuat lukisan itu sulit, ternyata tidak sama sekali ! dan saya akan membuktikan bahwa siapapun bisa melukis seperti yang saya buat.

Media yang saya gunakan adalah akrilik, karena akrilik ini adalah media yang bahan dasarnya air, maka kelebihan akrilik dibandingkan dengan media lain adalah :

  • mudah digunakan
  • cepat kering, hanya 15 – 30 menit sudah kering
  • bisa dijadikan water color atau oil painting, tergantung pemakaian air
  • murah, dibandingkan dengan media lainnya

berikut adalah perlengkapan yang dibutuhkan :

  • satu set cat akrilik (isi 12 warna)
  • kuas ukuran besar, saya menggunakan kuas untuk cat dinding
  • satu set kuas ukuran kecil
  • kanvas ukuran 20 x 30 cm
  • cutter
  • palet, namun saya lebih suka memakai karton yang dilapis aluminium foil, karena bisa mudah diganti
  • tempat air
  • kain bekas, tissue

SAM_1979

Kita akan membuat lukisan ikan koi, untuk itu kita akan melakukan beberapa tahapan :

pertama, berikan warna dasar pada kanvas, saya menggunakan warna kuning, ini akan menjadi lapisan layer paling dasar dari lukisan, gunakan kuas yang ukurannya paling besar. pada lapisan awal ini kita bisa mencampurkan akrilik dengan sedikit air agar lapisan warna lebih tipis

SAM_1981

kedua, setelah warna dasar kering, berikan lapisan berikutnya yang akan menjadi warna air, gunakan warna biru.

SAM_1988

sementara menunggu kering, saya telah membuat gambar koi dengan pensil di kertas.

SAM_1984

gunakan cutter untuk memotong gambar ikan koi itu.

SAM_1985

letakkan gambar koi yang sudah dipotong itu di atas kanvas, dan mulai berikan warna putih pada bagian yang sudah dipotong.

SAM_1992

SAM_1993

Jika menginginkan ikan koi yang lebih banyak, potong sebagian ikan koi dan warna dengan warna putih

SAM_1996

tunggu beberapa saat sampai cat mengering, sebelum kita memberikan warna motif pada badan ikan koi.

Karena cat akrilik sangat cepat mengering, kuas yang telah digunakan harus selalu direndam dalam air, agar tidak mengeras dan menjadi tidak bisa digunakan lagi, setidaknya kuas direndam sekitar 1 jam setelah pemakaian

SAM_1998

Dan berikut adalah tahap terakhir yaitu memberikan detail motif pada badan koi.

SAM_2003

Jangan takut salah melukis, jika melakukan kesalahan, tunggu sebentar sampai cat mengering, kemudian cat yang salah itu bisa ditimpa dengan warna lainnya.

Akhirnya Lukisan Ikan Koi sudah selesai !

lukisan ini bisa langsung dipajang ! 😀

Berikut saya akan lampirkan gambar ikan koi yang bisa digunakan untuk membuat lukisan ikan koi :

koifish

Koi FIsh

Demikian posting ini, semoga bisa bermanfaat ! 😉

 

 

Painting with MyPaint with Graphic Tablet

This is my first post about MyPaint, an open source graphic software, basically MyPaint is simpler and easy to use, the interfaces is very nice, the only problem so far that I couldn’t use this painting software because I didn’t have a graphic tablet yet. so last week at last I finally decided to buy one ; Wacom bamboo tablet with stylus (no touch)

The look of MyPaint :

my new graphic tablet *ihiy* ^___^

and so I tried to paint, so far I wasn’t satisfied enough with the results, maybe because I still don’t get the feeling or nail the grip, I don’t have any experiences for painting with a software before, the feeling is very very different compare to painting with “real” material, but then I guess I need A LOT practice, I mean A LOT, yeah.

so these are my paintings using my tablet 😮

 

they’re all rough sketch, I still have to learn more about digital painting, I feel like a newbie, hehee……so I guess that’s all, any comments or questions, feel free to fill the blank space below ya ! Cheers ! 😉

Menikmati karya Sang Maestro Raden Saleh

Suatu hari saya dapat kabar dari teman bahwa akan ada pameran lukisan Raden Saleh, si pelukis legendaris itu, woow ! saya langsung cari infonya di google, soalnya momen ini gak boleh dilewatkan, sudah lama ngefans sekali sama Raden Saleh, dan pameran yang diadakan untuk memperingati 200 tahunnya ini tentu sangat spesial.

Jadi hari sabtu ini saya dan anak pergi ke Galeri Nasional, yang tempatnya pas diseberang stasiun gambir, sengaja perginya di pagi hari supaya galerinya masih sepi, ternyata belum buka pun sudah rame orang berjejal dipintu masuk ! owhalah…

Ternyata saat masuk ke dalam ruangan galeri yang luas, di dalamnya nyaman sekali, walaupun pengunjungnya banyak, tapi mereka cukup beradab dan tertib, salut juga sama orang kita yang sudah mulai bisa tertib di tempat umum seperti ini ya ! hehe 🙂

Untung sekali diperbolehkan untuk memotret, walau tanpa flash ya, agak susah juga karena kalau memotret indoor tanpa flash baiknya pakai tripod supaya gambarnya gak blur, ada lho yang bawa dslr dan tripodnya ! saya cuma bawa kamera poket dan blackberry saja, tapi sudah cukup kok, yang penting tangan gak boleh goyang saat menjepret kamera.

Dan Lukisan2 sang maestro ini, wah pokoknya speechless deh ! gak tau ya, rasanya ada aura gimana gitu yang buat beberapa lukisan itu jadi menarik dan gak bikin bosan untuk dilihat, kalau mau sih saya nongkrong seharian disitu pun juga belum puas deh, hehe…entah mungkin ada ekspresi yang luar biasa bisa muncul dari beberapa lukisan itu, ya begitu deh, agak susah dijelaskan dengan kata-kata 🙄

coba perhatikan beberapa ekspresi dari lukisan sang maestro yang saya ambil, hebat ya ? walau ada beberapa objek yang rasanya kurang proporsional, tapi tetap aja lukisan ini serasa “hidup” gitu 🙂

This slideshow requires JavaScript.

Tapi ada beberapa lukisan yang menurut saya memiliki aura “gelap”, sampai untuk memotretnya saja saya tidak berani, bukan apa-apa, saya gak mau aja nanti malam jadi mimpi buruk gara-gara lukisan seperti itu ya ! :mrgreen:

Ya begitulah, senang sekali ada even seperti ini, setidaknya jadi hiburan yang lain daripada ngemal melulu ya kan ? 🙂