Seni sebagai ilmu penyempurna hidup

“I dream my painting then I paint my dream” – Van Gogh

fossy_darkbrightness

Fossy the Cat

sering saya berpikir ; kenapa saya selalu tertarik untuk mempelajari ilmu seni tapi tidak pernah tertarik untuk menekuninya sebagai profesi ?

dari kecil saya selalu suka menggambar dan membuat sketsa, tapi dalam keseharian saya selalu lebih tertarik pada pelajaran sains dan eksakta, bahkan saat memilih jurusan di universitas, pilihan yang saya ambil adalah jurusan teknik mesin.

facial_expression

Fossy the Cat for facial expression challenge

 

 

tapi saya tidak pernah berhenti menggambar, dimana saja dan kapan saja saya pasti selalu meluangkan waktu untuk membuat gambar, momen terbaik saya adalah saat saya sedang membuat gambar yang saya inginkan.

kemudian sekitar satu tahun yang lalu saya mulai menekuni digital painting, dan ternyata berkat ilmu menggambar dengan traditional art (pensil, cat, krayon) saya dapat menguasainya, walaupun dengan waktu yang cukup lama.

Kemarin pada saat training, instruktur berkata bahwa orang yang memiliki jiwa seni yang tinggi akan cepat maju dalam bisnis, saya terkesiap dan bersyukur atas hal itu, mudah-mudahan ilmu seni yang saya tekuni ini dapat membuahkan hasil yang bermanfaat bagi saya dan orang-orang disekitar saya.

page10

“Little Monkey” sebuah illustration storybook yang saya buat untuk seorang teman

 

pernah juga seseorang berkata bahwa orang yang bisa menggambar itu sebenarnya orang yang jenius, saya tidak setuju atas statement ini, karena saya paham betul bahwa seni menggambar bukan ilmu yang anda pelajari dalam satu-dua jam, atau satu hari saja, atau hanya dengan membaca buku dan menonton tutorial singkat di youtube kemudian anda dalam seketika bisa menjadi Digital Artist yang handal, tidak ! ilmu seni bukan ilmu instant, anda harus konsisten, gigih, disiplin, dan sabar untuk menekuninya.

Dan saya tidak percaya bahwa seorang yang “nyeni” itu harus nyeleneh dan moody, bagi saya seorang artist itu harus kelihatan profesional, rapi dan enak dilihat, normal dan tidak aneh, moody atau impulsif.

zgrace2

study of light and shadows

 

jadi secara tidak sadar, hobi yang saya tekuni ini ternyata memberikan kontribusi yang positif baik untuk pekerjaan saya dan kehidupan pribadi saya, di tempat kerja saya tidak merasa terjebak dalam rutinitas, karena saya selalu berpikir apa hal lain yang bisa saya lakukan untuk memajukan usaha ini, btw pekerjaan saya ini bukan kerja kantoran 9 to 5, jadi saya harus lebih proaktif dan kreatif karena tidak ada seorangpun yang memberi petunjuk dan memberi instruksi tentang apa yang harus saya kerjakan.

gambargin2

Maka sebagai komitmen saya kepada ilmu seni ini dan sebagai wujud apresiasi pada dunia Open Source yang sudah mewujudkan impian saya untuk mendalami bidang digital art, saya akan berkomitment untuk secara rutin membuat tutorial tentang Digital Painting di Fossgrafis

Demikian, semoga saya selalu konsisten dan komitmen dalam bidang seni ini 🙂

zkoigirl2

Girl and Koi Fish

 *semua gambar dan ilustrasi adalah buatan saya sendiri dengan Free and Open Source Software

 

3 comments

  1. fajar ahmad fauzi · November 23, 2014

    Reblogged this on La Tahzan..! and commented:
    Seni

  2. akuiniobenk · December 11, 2014

    gambarnya bagus bagus mbak…. menggambar adalah salah satu kelemahan saya. katakanlah tanpa bakat, apa menggambar bisa dipelajari? yang digital jg sy jd ngiler pgn belajar.

    • susandevy · December 11, 2014

      terima kasih mba dina,
      iya betul lho bisa menggambar itu bukan karena bakat tapi ketekunan,
      setahun yang lalu saya belum bisa menggambar digital, tapi alhamdulilah sekarang sudah mulai kelihatan kemajuannya,
      yang penting latihan terus 🙂

Leave a Reply

