Hidup tanpa kantung empedu 3

sudah cukup lama saya menuliskan artikel tentang pengalaman saya sebagai penderita batu empedu pada “Hidup tanpa kantung empedu 1” dan “Hidup tanpa kantung empedu 2” dan sampai hari ini saya masih menerima berbagai respon setiap harinya.

ini merupakan fenomena yang sangat menyedihkan bagi saya melihat makin banyaknya penderita batu empedu yang tidak mendapatkan informasi yang baik dari dokter, sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa SEMUA dokter PASTI akan menyuruh pasiennya untuk menjalani operasi pengangkatan kantung empedu sebagai solusi yang cepat.

Saya terus mengamati perkembangan diskusi pada grup penderita batu empedu, walau saya tidak aktif lagi dalam grup itu, karena beberapa hal berikut yang membuat saya memutuskan untuk pasif dalam forum itu :

  • kebanyakan orang yang bertanya kepada saya menganggap saya ini dokter/dukun yang harus memberikan solusi cepat bagi mereka
  • kebanyakan orang tidak bersabar pada penyakit mereka, padahal saya sudah bilang berkali-kali bahwa semua penderita batu empedu merasakan sakit yang sama, mengeluhkan sakit anda pada saya tidak akan menyelesaikan masalah anda ! jadi kenapa tidak bisa bersabar saja ?
  • kebanyakan orang yang sudah bertanya panjang-lebar dengan saya tidak sedikitpun mengucapkan terima kasih, padahal sudah mengambil waktu saya dan menyita perhatian saya karena masalah yang mereka buat sendiri, sementara itu mereka jika berkonsultasi pada dokter maka mereka akan rela bayar mahal, padahal semua dokter juga sama akan menyuruh anda untuk menjalani operasi itu.

Karena hal ini terjadi berulang-ulang dan semua yang datang ke blog ini akan bertanya hal yang sama tentang “Apa saya harus operasi atau tidak ?” maka jawaban saya selalu sama “semua keputusan ada pada anda”

Maka saya mencoba mengajak anda yang sudah mampir pada artikel ini untuk berpikir sejenak :

  • penyakit yang anda derita adalah akibat dari pola hidup anda sendiri, jika anda tidak mau berubah maka jangan harap anda bisa sembuh walaupun sudah menjalani operasi.
  • Kesehatan anda sejatinya ditentukan oleh kesehatan mental anda ! bukan fisik, penelitian dari jerman membuktikan bahwa kesehatan dipengaruhi 80% oleh kondisi mental anda, jadi jika anda tidak sabar dan terus mengeluh, maka jangan harap anda bisa sembuh total dari penyakit ini.
  • pikirkan orang disekitar anda (keluarga dan kerabat) yang ikut jadi repot dan menderita akibat penyakit anda ini, setidaknya jangan mengeluh dan bersabar dan terus optimis bahwa anda bisa sembuh dari penderitaan ini.
  • anda sebenarnya bisa sembuh tanpa menjalani operasi, yang anda butuhkan adalah kesabaran dan percaya bahwa anda bisa melakukannya, ingat bahwa metode herbal ini selain lebih efektif juga jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya operasi (dan anda mendapatkan informasi ini dari saya secara gratis juga ! coba bandingkan dengan biaya konsultasi dengan dokter internis )

dan dengan ini saya memutuskan untuk tidak akan menanggapi semua pertanyaan yang sama tentang bagaimana menghilangkan batu empedu, silakan anda cari pada kolom komentar di artikel-artikel sebelumnya dan memilih metode pengobatan herbal yang paling tepat untuk anda.

sekali lagi saya tekankan bagi anda penderita batu empedu :

tujuan saya menuliskan artikel ini adalah untuk berbagi atas penderitaan dan kesakitan yang pernah saya alami, supaya anda tidak perlu mengalaminya, dan anda jika ingin sembuh harus tetap terus bersabar dan berdoa kepada Tuhan YME untuk kesembuhan anda.

EDIT :

karena banyak yang menanyakan tentang Detoks Hati atau Liver Cleansing, maka berikut caranya yang saya ambil dari grup penderita batu empedu :

Persiapan :

  • Minum jus apel (1 buah apel fuji + 500ml air) selama 5 – 6 hari
  • minum ramuan herbal sesuai anjuran dokter jika ada
  • makan makanan non-fat (tempe, tahu, jagung, kentang, sayuran, ikan yang dikukus/rebus)

Pelaksanaan Liver Cleansing :

Liver Cleansing dilakukan selama dua hari, sebaiknya lakukan pada akhir pekan sehingga tidak menganggu aktifitas

  1. (jam 07.00 – 14.00) makan makanan non-fat
  2. (jam 14.000) mulai puasa sampai besok pagi 10.00
  3. (jam 16.00) siapkan larutan Garam Inggris (bisa dibeli di apotik) 300gram garam inggris dicampur dengan 720cc air putih, untuk 4 gelas (tiap gelas 180cc)
  4. (jam 18.00) minum segelas larutan garam inggris, tidur dengan posisi miring ke kanan selama sejam, setelah itu tidur terlentang sampai jam 20.00, boleh minum segelas air putih
  5. (jam 20.00) minum segelas larutan garam inggris, , tidur dengan posisi miring ke kanan selama sejam, setelah itu tidur terlentang sampai jam 21.30, boleh minum segelas air putih
  6. (jam 21.30) siapkan larutan 125cc minyak zaitun, 2 buah Grape Fruit (150cc), 1 suing bawang putih. sisihkan 25cc grape fruit untuk membilas, siapkan 2 kapsul Bee Propolis (jika ada)
  7. (jam 22.00) minum larutan minyak zaitun, grape fruit dan bawang putih itu dan 2 kapsul bee propolis, minum sambil berdiri kemudian minum sisa 25cc grape fruit, tidak boleh minum air putih. gosok gigi dan langsung tidur miring ke kanan selama 3 jam (sampai jam 01.00 pagi) setelah itu boleh tidur terlentang sampai pagi
  8. (hari ke 2, jam 06.00) minum segelas larutan garam inggris, tidur dengan posisi miring ke kanan selama sejam, setelah itu tidur terlentang sampai jam 08.00, boleh minum segelas air putih
  9. (jam 08.00) minum segelas larutan garam inggris, tidur dengan posisi miring ke kanan selama sejam, setelah itu tidur terlentang sampai jam 10.00, boleh minum segelas air putih
  10. (jam 10.00) minum segelas jus apel
  11. (jam 12.00) sudah boleh makan makanan non-fat, dan malam hari sudah boleh makan seperti biasa.

Catatan :

  • Jangan makan ayam tepung dan timun selama liver cleansing
  • lakukan liver cleansing ke-2 dua minggu kemudian
  • untuk orang sehat liver cleansing bisa dilakukan selama 2x setahun dan untuk yang sakit bisa dilakukan setiap bulan

(sumber : Dokter Lucky Kartadinata, (021 4500 306), Jl. Janur elok raya blok PE1/1, Kelapa Gading, Jakarta)

dan untuk yang berminat mencoba Obat Herbal “Pusaka Ambon” yang sudah terbukti bisa menghilangkan batu empedu, ini alamatnya : JL. Kramat Raya no.63A, disamping kantor polisi, telfon : 021-98100424 dan 021-32573887

gall-bladder

 

Advertisements

27 comments

  1. Pingback: Hidup Tanpa Kantung Empedu 2 | Susandevy's Blog
  2. Pingback: Hidup tanpa Kantung Empedu | Susandevy's Blog
  3. Nelliyati Bagijo · November 29, 2014

    Terima kasih untuk informasinnya. Ayah saya baru saja divonis menderita batu empedu.

  4. fadli · April 14, 2015

    Mbak mau tanya dong, kalau yang resep daun sirsak nya ada jg ga ya buat hilangin batu??

    Thanks,
    Fdl

    • susandevy · April 17, 2015

      saya kurang tahu itu,
      tapi karena itu pengobatan herbal jadi tidak ada salahnya untuk dicoba

  5. SRP · May 8, 2015

    Yup betul banget apa yang di infokan dari part 1 hingga part 3 mengenai pengangkatan batu empedu.

    Saya, 20 tahun, baru banget 2 minggu lalu jalanin operasi pengangkatan kantung empedu. Ya, 20 tahun! ckckck.. sudah gak kenal umur banget penyakit ini. Saya terbilang cukup sering mengalami ‘kram perut’ itu, dan saya masih gak tau kalau saya memilio batu di kantung saya. Sampai akhirnya ‘kram perut’ itu menyiksa saya, dalam 7 hari, 3 kali saya ke UGD pada jam 2 pagi. Dokter UGD capek kali ya ngeliat saya bolak balik UGD, akhirnya dirujuk ke dokter spesialis dan USG pun saya lakukan. Yap! ada 6 batu besar dikantung empedu saya.

    Jujur, sampai sekarang saya masih gak percaya kalau resiko pengangkatan kantung empedu itu sangat kecil. Tapi ya betul, dokter saya pun juga bilang hal yang sama kalau ” tidak ada resiko setelah pengangkatan ini. Bebas, No pantang ” –> dokter spesialis di RS MMC.

    Yah saya berharap sih bener bener gak ada resiko nya.. Karena untuk umur, saya terbilang muda dan saya capek ngalamin sakit perut yang gak bisa saya tahan. Sedangkan kalau batu tersebut didiamkan, batu nya bisa menjalar ke usus, sehinggaaaaaa operasinya menjadi operasi besar. Makanya saya mau jalani operasi dengan teknik Laparoscopy :))

    Semoga informasi saya berguna 🙂

    • edhy · June 30, 2015

      Trus sampai sekarang setelah operasi apakah anda tdk pernah lagi merasakan sakit ? Dan apakah tidak mengganggu aktivitas anda setiap hari setelah pengangkatan kantung empedu ?

      • Tri Yanto · August 9, 2015

        Saya masih merasakan sering kembung dan kaki sering kesemutan juga kepala pusing dan perut sering mengeras sakit….harus bagaimana lagi ya..

      • susandevy · August 9, 2015

        tolong dibaca sekali lagi artikel saya ini secara seksama,

        semoga lekas sembuh

  6. Nur Amalia · May 18, 2015

    Mba Susan….Saya mau menanyakan tahapan detoks hati.

    1. Saat kita minum jus apel selama 5-6 hari apakah kita hanya boleh mengkonsumsi jus tersebut tanpa makan sama sekali?

    2. Setelah 6 hari tersebut lalu baru di lanjutkan liver cleansing ? dan apakah masih puasa ?

    terimakasih sebelumnya.

    • susandevy · May 19, 2015

      dear mba Nur Amalia,

      1. saat detoks masih boleh makan seperti biasa, tentunya lebih dianjurkan makan makanan yang sehat dan rendah lemak, tapi biasanya setelah minum jus apel sebanyak itu otomatis nafsu makan tidak ada, jadi makannya cuma sedikit sekali

      2. setelah 6 hari itu langsung lakukan liver cleansing, lebih baik pada waktu akhir pekan

      demikian semoga ini bisa membantu

  7. rifky putra pratama · June 20, 2015

    terimakasih infonya sangat bermanfaat untuk saya , mau sedikit cerita

    liat blog ini setelah kantung empedu saya diambil 1minggu yang lalu, saat ini saya masih 17 tahun

    memang dulu saya orangnya over makan, makanan bersantan, tinggi lemak, cemilan kering yg ga ada khasiatnya , sekarang nyesel, tapi udh ga ada gunanya nyesel sekarang

    saya tau penyakit ini udh 1 tahun yang lalu , udh coba pake obat dan herbal hasilnya nihil malah empedu saya waktu diangkat kata dokter busuk, batunya ada 6 ukurannya sama kaya kelereng,

    kata dokter efek diangkat kantung empedu ini sedikit bahkan ga ada , semoga begitu :’)

    semoga kita selalu diberi kesehatan oleh allah swt amin

  8. sakti · July 11, 2015

    Dear Mbak Susan, sama persis kalau ada yang tanya tentang masalah komputer 🙂
    #kbanyakan orang ingin segera masalah cepat terselesaikan
    #setelah dijawab lupa terima kasih

    btw… kartunnya lucu

  9. Tri Yanto · August 9, 2015

    Saya sudah 6 bln pasca pengangkatan kandung empedu tp perut saya blm sembuh total kadang masih kembung dan mengeras kenapa ya padahal jaga masih minum jamu herbal…soalnya minum obatdr dokter badan panas dan mutah terus..

  10. Ellen · October 25, 2015

    Mbak susan..alamat prakterk dr lucky yg benar itu dimana ya ? Sya ada planing mau ikut programnya utk ngilangin batu empedu. Terima kasih.

    • susandevy · November 9, 2015

      Jl. Janur Elok raya Blok PE/1
      Kelapa Gading
      Jakarta Utara
      Telp 4500306
      HP. 08164820363

  11. yogie · November 3, 2015

    Dear mba Susan
    Saya yogie usia 29tahun
    Saya sudah 2 tahun merasakan sakit yang super sakit seperti ini…
    Mama saya selalu melakukan detox prof hembing setiap 4 bulan sekali… setiap melakukan detok memang maaf (tinja) saya keluar butiran2 hijau yang dibilang sebagai lumpur ato batu empedu tetapi apabila di usg tetap saja batu masih terlihat meskipun memang berkurang tetapi kadang2 sakit yg luar biasa ini suka muncul
    Jujur saya sudah sangat cape sekali dengan keadaan ini… saya ingin sekali operasi tapi orang tua tetap ingin mempertahankan empedu saya
    Lalu saya gogling testimoni orang2 yg sudah diangkat kantung empedunya… ada beberapa forum yg menyatakan apabila kantong empedu diangkat, bisa menyebabkan kanker usus karena cairan empedu menetes setiap saat dan tidak ada yg menampungnya…

    Saya bingung sekali… maju kena mundur pun kena…
    Apa yg sebaiknya saya lakukan?
    Dalam hati saya slalu ingin sekali melakukan operasi… saya sudah lelah dengan penyakit ini…
    Mohon solusinya dari teman2 semuanya…
    Makasih Mba Susan

    • susandevy · November 9, 2015

      Dear mas Yogie,

      mohon maaf karena terlambat membalas komen anda,
      kelihatannya dari kondisi anda sudah cukup parah, jadi kalau boleh saya sarankan secepatnya dilakukan operasi,
      karena dikhawatirkan peradangan pada kantung empedu anda bisa menjalar ke organ2 lainnya,

      kalau untuk efek samping dari setelah operasi itu bisa dikurangi dengan beberapa metode seperti detoks dan lain2nya, intinya anda tidak usah khawatir dengan hal itu, jika anda bisa terus ingat untuk menjaga pola makan maka efek itu tidak akan terjadi.

      kalau ada lagi yang ingin ditanyakan, jgn sungkan menghubungi saya di susandevy@gmail.com

      demikian
      semoga lekas sembuh

      wassalam

  12. maya · November 11, 2015

    Ass. Mbak, saya divonis dr hasil usg y batu empedu kronis penuh dg batu empedu menciut krn prdgn. Tp saya blm mau op saya pgen nyoba herbal dlu apa bagusy mbak ya? Kalo pglmn si mbak batunya udah penuh ya? Perut kembung mulu nyeri kdg. Dpt info tahitian noni juice prnh dgr gsk mbak ada tmn ato krbt yg brhasil dg minum juice itu? Mksi

  13. Dewi · November 16, 2015

    Assalamualaikum wr wb makasih banyak ya mb blog ini membantu saya sekali..saya baru seminggu yang lalu menjalani operasi pengangkatan batu empedu..dan sekarang masih suka kluar darah dari jahitanya plus kenceng sekali perut saya…tp karena telah membaca pengalaman2 mb susan saya jd tidak terlalu khawatir…terimakasih banyak ya mb..sekarang saya sedang mencoba foodcombining..klo ada grup tntang penderita batu empedu saya mau ikut dong mb…makasih banyak 🙂

    • susandevy · January 7, 2016

      Wa’alaikumsalam mba dewi,

      kalau sampai saat ini masih ada keluhan pada jahitannya, tolong segera dikonsultasikan dengan dokter,
      saya khawatir ada infeksi pada jahitannya itu,
      mudah2an lekas sembuh dan terima kasih

  14. nitrat99 · January 1, 2016

    Assalamualaikum. Mf mb mau tnya, grape fruit itu mksdx jus anggur atau apa ya mb? trus bee propolis apkah bs didpt di toko herbal? Sy mau mencoba detox liver ntk ayah sy yg baru pasca operasi krn memang gejalax sma.. terima kasih sebelumnya atas jwbnx 🙂

    • susandevy · January 7, 2016

      Wa’alikumsalam,

      grape fruit itu seperti jeruk bali tapi ukurannya lebih kecil, mungkin cuma ada di supermarket, tapi kalau tidak ada grape fruit bisa diganti dengan jeruk lemon/nipis,
      bee propolis ada dijual di toko2 herbal, atau coba ditanyakan saja di apotik, biasanya yang jual madu juga jual propolis

  15. rtn · January 20, 2016

    Mhn maaf …mau tnya, sy merasakn sakit yg sama. Dan skrng sy belum operasi. Ukuran batu saya ada 2,13 cm dan 1,7cm. Tetapi rasa skt saya sdh lama tidak muncul. Dan sy sdh melakukan detox
    5 hari makan buah apel minimal 5 buah dan di hari ke 6 minum garam inggris di jam 6 sore dan 8 malam selanjutnya jam 10 mlm minum minyak zaitun dn lemon tapi tidak konsumsi bawang putih. Dan hasilnya blm ada yg keluar.. Mungkin apa dikarenakan ukurannya yg terlalu bsr. dan smpai sekarang sy masih konsumsi obat dokter untuk mengkikis batunya dan obat herbal cina yg fungsinya sama yaitu mengkikis batu empedu… Dan sdh memperbaiki pola makan dgn syur, buah dan minum air putih minimal 5 botol @ 600ml-750ml. jujur sy tidak mau operasi terlebih dahulu. Krn berharap penuh tanpa operasi batu empedu dpt hancur dan keluar… Tp sy masih bertanya2″ untuk mengeluarkan batu dgn detox dilakukan kira-kira brp kali smpai batu bisa kluar?
    Apakah dgn laser batu empedu bisa ditembak untuk dikikis?memang smua doktet bilng kalau batu empedu pasti operasi. Kalau bisa di pertahankan empedunya knp tidak… Tetapi sy blm dapat info yg jelas apakah ukuran 2cm bisa di tembak laser seperti yg sudah2 melakukan..?
    Mhn infonya… Trmksh

  16. Ariyantini · February 9, 2016

    Assalaamu’alaikum Mba Susan, terima kasih info detox livernya… Insyaallah akan saya coba 🙂

  17. ilmi · February 18, 2016

    assalamu’alaikum mba, sebelumnya terima kasih atas info yg sangat bermanfaat ini. Begini saat ini ibunda saya juga menderita batu empedu dan saat ini dirawat di salah satu rumah sakit di daerah saya. saya sendiri dari makassar mba. saya ingin bertanya soal obat herbal yang bisa menghilangkan batu empedu yang mba bahas di atas siapa tau ada di daerah saya lalu apakah obat herbal tersebut bisa di konsumsi bagi seorang pnderita maag ? karena ibunda saya selain mnderita batu empedu beliau juga punya maag. mohon jawabannya mba, terimag kasih sebelumnya

  18. sherly alawiyah · February 25, 2016

    Ass mbak, adk saya sdh terponis kena
    Batu empedu,6 cm dan di anjurkan
    Dokter hrs operasi,apakah dengan
    Minum obat herbal aja bisa
    Sembuh tanpa operasi,umur adk
    Saya skrg bru 20 tahun,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s