“Hidup tanpa kantung empedu” – update terakhir dari grup “Healthy Together”

Semenjak saya menulis artikel mengenai penyakit kantung empedu, banyak masukan dari para pembaca artikel tersebut, sampai akhirnya ada seorang teman yang mengusulkan untuk membuat grup yang khusus untuk membahas penyakit ini.

Teman-teman yang mengikuti grup ini kebanyakan adalah penderita batu empedu, dan yang sudah menjalani operasi pengangkatan kantung empedu, atau juga yang memiliki keluarga penderita batu empedu, tujuan kami membuat grup ini untuk mendapatkan informasi mengenai batu empedu yang tidak bisa kami dapatkan dari dokter atau tenaga medis lainnya.

Saya tidak akan menyebutkan nama atau identitas dari teman2 di grup tersebut, artikel ini hanya merangkumkan beberapa topik yang sempat kami bahas bersama, mudah2an bisa bermanfaat bagi yang tidak mengikuti grup kami ini.

Pertama, kami membahas pengobatan herbal apa saja yang sudah kami pernah coba, hampir semuanya mengkonsumsi ramuan temulawak (saya pun juga), ada yang membuat sendiri, ada juga yang menggunakan temulawak instant yang dijual bebas, baik yang berbentuk kapsul atau minuman. Memang temulawak dapat memperbaiki fungsi hati, yang seperti sudah kita ketahui bahwa cairan empedu dihasilkan oleh hati.

Beberapa teman masih mengeluhkan mual dan kembung, ada juga yang masih merasakan nyeri pada bekas operasi pengangkatan kantung empedu, oleh karena itu kebanyakan kami melakukan hal berikut :

  • menghindari makanan berlemak, minuman soda, gula, makanan yang mengandung gas dan terlalu pedas,
  • mengganti gula dengan pemanis buatan,
  • melakukan detoks liver dengan memakan apel dan anggur.
  • rutin berolahraga

Ada juga seorang teman yang mempunyai masalah dengan pengentalan darah – sebetulnya ini agak out of topic, tapi hal itu disebabkan oleh asam urat dan diabetes, hingga teman kami itu disarankan oleh dokter untuk rutin berolahraga, menjadi vegetarian dan menjauhi makanan berlemak, sebetulnya saran itu juga hampir sama untuk penderita batu empedu.

Selain itu saya juga sharing ramuan herbal buatan sendiri yang mudah dibuat, manfaat ramuan ini adalah untuk menurunkan kolesterol, yang sudah berhasil dicoba oleh salah satu kerabat saya, bahan2 ramuan ini bisa diperoleh di pasar atau toko2 terdekat, berikut ramuannya :

bahan :

  • jahe merah 500gr
  • bawah putih 500gr
  • jeruk lemon/nipis 500gr (peras, ambil airnya)
  • cuka apel 250ml
  • madu 250ml
  • air matang 500ml

kupas jahe merah, bawang putih, blender bersama perasan jeruk lemon dan air, saring, campur dengan cuka apel dan madu, simpan di kulkas, diminum setiap pagi 2 sendok makan, hasilnya akan terlihat setelah rutin diminum selama 2 bulan.

Demikian update dari grup kami, mudah2an bisa bermanfaat 🙂

 

temulawak

 

 

 

 

23 comments

  1. mario · December 19, 2013

    mba susan saya kemarin di vonis radang empedu dan harus dioperasi karena bilirubin 2.84 spot 89 dan sgpt 178 wah saya kagax mengertilah istilah ini kalo ada yg ngerti tolong jelaskan :$ tapi saya berontak karena empedu saya di usg gax ada batu(-) dan akhirnya saya pulang paksa. tolong masukan mbak apakah ada obat herbal untuk kasus saya radang empedu batu(-) dan masukan dari sesepuh apa saya bener dalam melakukan tindakan ini thanxs

    • susandevy · December 19, 2013

      Dear pak Mario,
      setahu saya selama ini peradangan kantung empedu disebabkan oleh adanya batu empedu yang menyumbat saluran empedu, namun peradangan empedu yang anda alami tidak disebabkan oleh adanya batu empedu, jadi saya juga tidak paham betul apa sebenarnya penyebab peradangan empedu anda, karena saya pun juga belum pernah mendengar hal ini,
      sangat saya sayangkan harusnya dokter menjelaskan apa hasil lab tersebut, saran saya sebaiknya minta nasihat dari dokter internis lainnya yang lebih kompeten dalam hal ini,
      sementara anda mencari itu, baiknya jaga pola makan anda, jauhi makanan berlemak, gorengan, pedas dan asam, banyak makan sayur mentah,buah2an terutama apel dan lemon, untuk obat herbal bisa dicoba teh daun manggis dan sirsak yang dijual bebas,
      semoga cepat sembuh

      • mario · December 21, 2013

        Dear bu susan thanks bu atas masukannya. Tapi sepertinya bakal tetap dioperasi nantinya karena resikonya lumayan berat kalo dipertahankan. Bu susan dalam seminggu makannya gimana Bu? Masaknya?Saya beli banyak sayur2an tapi bingung masaknya mau di tumis kagax boleh minyak, buka blog baru Bu aneka masakan non cholesterol resep dan cara masaknya kalo bisa menu seminggu he3

      • zulkifli sunandar · April 3, 2014

        Jenis penyakit kamu adalah kanker kantung empedu. Kanker kantong empedu sebelum dan sesuda ada batu di empedu orang bisa kena kanker kantong empedu walau tampa batu empedu.

  2. zulkifli sunandar · April 3, 2014

    Saya penderita batu empedu dan sudah sembuh. Total tanpa operasih. Saya dari maluku utara ibu kota ternate. Tapi saya tinggal di pedalaman. Pulau loloda. Cara pengobatanya di oles dari luar memakai rempah2 dan sebuah daun untuk di tempel bagian perut sebelah kanan. Mau tau lebih lanjut zulsunandar@yahoo.co.id

  3. Hery Widi · May 11, 2014

    Dear Mba Susan
    saya Hery kebetulan saya baru saja melakukan oprasi angkat kantong empedu
    Setelah membaca beberapa komentar2 temen, saya musti gimana ya ada rasa menyesal saya oprasi, tp waktu itu empedu say kondisinya sdh parah termasuk kondisi saya(waktu kambuh) shgga dokter menyarankan untuk oprasi….. Jadi harus bagaimana dan apa yg harus saya lakukan di kondisi ini ?.??? Oh ya saya operasinya baru tagl 6 Mei 2014 kemarin

    • susandevy · May 12, 2014

      dear pak Hery

      semoga saat ini kondisi bapak sudah cukup baik dari sebelumnya, to the point saja,karena saat ini pak Hery sudah melakukan operasi pengangkatan kantung empedu itu, jadi bapak lebih fokus untuk menjaga kondisi kesehatan pasca operasi, tentunya dengan menjaga pola makan seimbang dan rutin berolahraga yang sesuai dengan stamina anda,
      jika bapak mau ikutan sharing dengan para penderita batu empedu dan juga teman2 yang sudah diangkat kantung empedunya bisa ikut bergabung dengan grup “Healthy Together” yang bertujuan untuk saling berbagi pengalaman,
      moderatornya adalah bapak William (0812 2219 0010) mohon jangan spam nomer ini.

      demikian, semoga tetap sehat !

  4. shelly · May 31, 2014

    Malam mba susan salam kenal dr saya,saya pun penderita batu empwdu multiple,td sore baru saya usg kembali batu empedu saya bukannya berkurang malah tambah byk,oia saya pun baru bergabung dgn group healthy together…

  5. vince franiska · August 28, 2014

    Dear all friends,
    Saya juga sudah diangkat kantung empedunya 4th yg lalu. Saya termasuk org yg disiplin memilih makanan, tetapi belakangan interval mual,diare,lelah,pusing,dll sering terjadi. Makanya skr sy mau coba enzyplex (nutrisi utk pencernaan) ,tetapi sy cari di apotik sdh tdk ada. Tetapi sy menemukan vitazym,katanya sih sama fungsinya membantu pencernaan dgn enzim. Pertanyaan dan adakah yg mau sharing ? Bagaimana hasilnya jika mengkonsumsi enzim tablet tsb ? Apakah ada efek2 negatifnya di ginjal ? Mohon share ya teman2 pengalamannya…..salam semangat !

    • susandevy · August 28, 2014

      saya juga pernah mengkonsumsi enzyplex, tapi karena membuat mual jadi saya tidak minum itu lagi, kalau vitazym saya belum pernah coba.
      oh ya dulu pernah ke dokter ahli gizi dan dia memberi enzym yang bagus tapi karena mahal jadi saya tidak minum itu lagi (mereknya lupa)

  6. Margiono · September 18, 2014

    Hi Bu Susan,

    Saya menderita peradangan kantung empedu. Dokter menyarankan untuk menangkat kantung empedu saya. Setelah membaca artikel dari Bu Susan membuat saya untuk mencari jalan alternatif untuk mengobati kantung empedu saya dan pengangkatan kantung empedu adalah opsi terakhir.

    Dari artikel Bu Susan, Bu Susan berhasil untuk menghilangkan batu empedu melalui ramuan herbal sebelum melakukan operasi pengangkatan kantung empedu, bisa di sharing soal ramuan tersebut dan bagaimana mengkonsumsinya? Saya pernah membaca beberapa artikel di internet yang kerujuk kepada metode makan apel, garam inggris dan minyak zaitun, akan tetapi saya juga mendapati kalau metode tersebut oleh dokter adalah tidak benar. Saya jadi bingung dan sangat berharap sharing dari yang sudah berhasil menghilangkan batu di kantung empedu secara alami.

    Mohon sharing dari Bu Susan..

    Thanx,
    Margiono

    • susandevy · September 19, 2014

      terima kasih atas sharingnya, pak Margiono.

      benar saya pernah menghilangkan batu empedu dengan pengobatan herbal, cara detailnya dan tempat belinya ada dikomen2 saya diatas,
      perlu bapak ingat bahwa SEMUA DOKTER pasti cuma memberikan pilihan operasi yang tidak menyelesaikan masalah pencernaan anda.
      tapi tentunya keputusan ada pada anda, jadi kalaupun anda memutuskan untuk operasi itu adalah keputusan yang sudah dipertimbangkan dengan baik.
      selain itu ada beberapa cara pengobatan herbal lainnya yang bisa anda lihat diatas, tentunya perlu kesabaran dan dukungan moril dari keluarga untuk melakukan itu karena hasilnya tidak seketika dan perlu waktu.

      demikian semoga sehat selalu

  7. Anis · November 10, 2014

    Dear all friends,

    hari ini suami saya melakukan operasi pengangkatan empedu karena batu empedu. kami memilih jalan operasi (Laparoskopi ) karena batu emepdu suami saya sudah berukuran 1cm. jika ukurannya ukurannya belum sebesar itu mungkin kami akan memilih jalan herbal atau alternatif agar empedu tidak diangkat.
    kindly need advice, jika operasi sudah dilakukan, apa yang akan terjadi setelahnya ? dan bagaimana sebaiknya untuk mencegahnya ?

    saya sungguh sangat awam dan hanya mencocokkan informasi dari dokter dengan internet.

    *saat saya menulis ini, suami saya sedang puasa untuk menjalani operasi siang ini

    termikasih sebelumnya 🙂

  8. nisanis · November 10, 2014

    Dear All friends,

    hari ini suami saya operasi laparoskopi pengangkatan empedu karena batu empedu. opsi ini kami ambil karena pertimbangan batu empedu suami saya sudah berukuran 1cm. ukuran yg bukan lagi kecil untuk sebuah batu empedu menurut kami. kami sungguh awam dengan hal ini, dan hanya mencocokkan informasi dari dokter dengan internet.

    kindly need advice : setelah operasi dilakukan, apa yang sebaiknya kami lakukan ? untuk mengurangi sakit atau akibat – akibat lain setelahnya, baik herbal ataupun medis ?

  9. Mohen · December 29, 2014

    Dear ibu Susan,

    Hasil USG ibu menunjukkan positif batu empedu dgn ukuran 1.8 mm. Saat ini kondisinya sulit makan. Usia 70 tahun. Dokter menganjurkan operasi, mengingat kondisi lemah dan ada penyakit jantung saya kawatir utk operasi.

    Dari tulisan ibu mengindikasikan bhw ada yg pernah mencoba herbal pusaka Ambon dan berhasil. Apa ada informasi ya bu utk komunikasi dg yg pernah mencoba herbal tersebut. Soalnya kalau mau saya coba yg terapi dg buah apel sptnya agak sulit harus minum 4 gelas apel tiap hari.
    Terimakasih
    Salam
    Mohen

    • susandevy · January 1, 2015

      dear pak mohen,

      mengingat usia ibunda, saya rasa dokter pun tidak menganjurkan untuk operasi,
      sebaiknya dilanjutkan saja meminum obat2an untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan tersebut,
      untuk pengobatan herbal saya juga kurang tahu apa cukup efektif mengingat usia ibu yang sudah cukup tua,
      tapi tidak ada salahnya untuk dicoba karena pengobatan herbal tidak ada efek sampingnya

      untuk detail mengenai pengobatan herbal bisa anda lihat disini :
      http://susandevy.com/2014/11/12/hidup-tanpa-kantung-empedu-3/

  10. Mohen · January 2, 2015

    Dear Ibu Susan,
    Terimakasih atas tanggapannya.
    Saya sebelumnya sudah membaca artikel yg ibu sampaikan. Justru diakhiri tulisan ibu ada informasi ttg herbal Pusaka Ambon, yg mau saya tanyakan apakah herbal tsb cukup efektif?, adakah yg pernah mencobanya? Saya pernah telepon langsung ke Pusaka Ambon, katanya utk terapi baru empedu bisa memerlukan waktu 2 smp 3 bulan.
    Salam
    Mohen

  11. Hariyanto · February 1, 2015

    Yang terhormat mbak susandevy
    Ijin bertanya makanan yang tidak boleh dan yang boleh bagi yang tidak punya kantung empedu
    Trima kasih sebelumnya

    • susandevy · February 2, 2015

      Pak Hariyanto,

      sama seperti penderita batu empedu, maka mereka yang sudah tidak punya kantung empedu sebaiknya menghindari makanan berikut :

      lemak jenuh, gula makanan berkadar gula tinggi lainnya, soda dan minuman dalam kemasan berpengawet lainnya, frozen food, junk food, makanan dan cemilan dengan MSG, makanan dengan artificial addition (pewarna, perasa sintetik, dsb)

      dan makanan yang wajib dikonsumsi sehari2 :
      sayuran mentah (selada, timun, tomat) sebagai pengganti nasi (tetap bisa makan nasi tapi porsinya sedikit sekali)
      buah2an (sebaiknya yang lokal dan musiman)
      daging ikan
      daging ayam
      daging merah (sapi, kambing) dalam porsi yang sedikit sekali
      putih telur (sebaiknya hindari kuning telur)

      dan setiap hari minum perasan jeruk nipis dari 3 atau lebih butir jeruk nipis,
      dan madu murni setiap pagi.

      semoga bisa membantu !

  12. katrin · April 26, 2015

    Halo nama saya katrin,sy sdh 5 bulan dioperasi ambik kantung empedu dan selama ini sy maksn biasa saja, tdk ada pantang apa2,cuma kalo pas makan sesuatu lalu terasa diare maka sy hentikan. Tp sy tdk melakukan diet atau terapi apapun, dan saya masih kerja seperti biasa dari pagi sampai sore,adakah saran atau info apakah yg saya lakukan ini bisa berakibat dikemudian hari, terima kasih

    • susandevy · May 1, 2015

      halo mba katrin,
      saya hanya bisa memberikan saran, coba diperhatikan makanan apa saja yang menyebabkan diare,
      kemungkinan adalah makanan yang kadar lemaknya tinggi, jadi dibatasi atau dihindari saja makanan seperti itu,
      juga saya tetap menyarankan untuk rutin melakukan detoks untuk menjada fungsi hati,
      detailnya bisa dilihat pada komen2 sebelumnya,

      semoga sehat selalu

  13. hidante · August 20, 2015

    Hai mba susan,,,
    sedang browsing2 soal penyakit batu empedu dan menemukan situs ini…

    Papa saya usia 57 tahun, baru minggu kemarin diketahui ada batu di kantung empedunya setelah di USG.
    sebelumnya papa saya dalam 1 bulan sudah 2 kali opname karena mual2 dan muntah2.
    Tapi papa saya ini TIDAK MERASAKAN NYERI apapun di perutnya, hanya rasa mual dan muntah yang datang dan menghilang tiba2

    Dokter menyarankan untuk segera operasi, karena terjadi infeksi di kantung empedunya, tapi kami sedang pikir2 dulu saat ini mengenai dampak jika kantung empedu papa saya diangkat. maka dari itu saya cari2 info di internet, dan setelah saya membaca artikel di situs mba susan ini saya jadi berpikir ulang untuk operasi pengangkatan kantung empedu.

    Kalau saya baca2 dari komen2nya, saya lihat rata2 pada merasakan nyeri di perut/ulu hati, sendangkan papa saya tidak hanya mual2 dan muntah saja, perut papa dipencet2 sama dokter pun di ga rasa sakit, apakah ini berarti batu empedu papa saya belum terlalu banyak/ masih ringan? karena dari gejalanya papa saya hanya mual dan muntah saja, ngga ada rasa nyeri. Tapi mengapa dokter mengatakan sepertinya sudah gawat sekali, infeksi, dsb.

    Apakah saat ini tepat bila papa melakukan pengobatan secara herbal dengan apel/pusaka ambon? atau memang sebaiknya papa saya dioperasi saja?

    Papa saya juga punya penyakit maag, darah tinggi, jantung dan diabetes, apakah penggunaan herbal tersebut aman?

    Saya sangat menunggu tanggapannya, karena mual2 papa mulai kambuh lagi..

    Thx

    • susandevy · August 24, 2015

      selamat pagi,
      saya paham bahwa anda sangat khawatir dengan kondisi ayahanda,

      namun perlu anda pahami bahwa saya menuliskan artikel ini atas pengalaman pribadi saya sendiri dan dalam artikel saya telah menjelaskan bahwa setiap orang bisa berbeda-beda reaksinya paska operasi, dan itulah tujuan saya menuliskan artikel ini agar anda siap dalam menghadapi kendala2 yang akan anda temui (baik mengambil tindakan operasi atau tidak)
      karena dokter pastinya hanya menyarankan operasi karena hanya itulah tindakan penyelesaian yang mereka ketahui. namun jika anda memutuskan untuk mengobati dengan herbal (pusaka ambon atau yang lainnya) maka anda perlu waktu yang cukup lama untuk menghilangkan batu empedu tersebut,

      jadi pilihan untuk operasi atau tidak tetap ada pada pilihan anda dan keluarga,
      mudah2an anda dapat memberikan saran yang terbaik untuk kesehatan ayahanda,
      dan beliau lekas sembuh seperti sediakala

      terima kasih dan wassalam

Leave a Reply

