G’MIC ~ plugin untuk Gimp

Jika anda adalah Gimp user, pastinya sudah tahu bahwa Gimp memiliki beragam plugin yang terdapat pada Gimp Plugin Registry, repository untuk extension dan plugin Gimp. Nah, salah satu Plugin Gimp yang terkenal adalah G’MIC atau Grey’s magic for Image Computing. 

gmicky_wilber_small

Sebetulnya G’MIC sejatinya bukan saja merupakan plugin untuk Gimp, namun merupakan sebuah framework untuk image processing yang menyediakan berbagai interface untuk memanipulasi image (begitu penjelasan dari website-nya)

Saya kurang begitu suka menggunakan plugin, mungkin karena selama ini belum merasa perlu, tapi setelah melihat beberapa review mengenai G’MIC, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba plugin ini.

Jadi ini tampilan plugin G’MIC, untuk membuka G’MIC di Gimp, pada menu pilih Filter – G’MIC (tentunya pilihan ini baru muncul setelah menginstal plugin ini)

gmicforgimp

Pada tampilan window G’MIC, terdapat ratusan filter, yang bisa diatur settingnya juga, dan ternyata ada beberapa filter yang cocok digunakan untuk retouching foto seperti filter Soft-Glow berikut ini :

gemma-arterton_softglow_gmic

Saya juga mencoba salah satu filter “Lylejk’s Painting” pada gambar yang saya buat dengan menggunakan MyPaint, dan berikut hasilnya yang menyerupai lukisan impressionist (gambar yang dibagian atas adalah gambar asli, dan gambar dibagian bawah adalah gambar setelah diberi efek dari G’MIC) :

random_gmic2

Dan juga saya mengaplikasikan filer “Graphic Novel” pada gambar sketsa yang saya buat juga dengan MyPaint, dan berikut hasilnya (gambar sebelah kiri adalah gambar asli, gambar sebelah kanan adalah gambar setelah diberi efek dari G’MIC) :

merida_graphicnovel_gmic

 

Jadi saya rasa plugin G’MIC ini sangat menyenangkan, terutama karena beberapa efeknya bagus untuk diaplikasikan pada foto maupun digital painting (yang disini saya buat dengan MyPaint) dan masih banyak lagi plugin dari G’MIC yang belum saya coba ! wow ! 😀

Oh ya, kalau ingin mencoba G’MIC namun belum menginstal Gimp, bisa mencoba ratusan filter dari G’MIC langsung di websitenya di G’MIC Online  selamat mencoba ! 🙂

sumber :

http://gmic.sourceforge.net/

http://www.davidrevoy.com/article147/gmic-new-filter-poster-edges#.UL-cnEsfxIw.google_plusone_share

http://registry.gimp.org/

http://sourceforge.net/p/gmic/wiki/Home/

Leave a Reply

