Hedy Lamarr, wanita tercantik di eropa penemu komunikasi nirkabel

“Any girl could be glamorous, all she has to do is stand still and look stupid” 

Beauty and Brain, sepertinya hanya mitos saja, sangat jarang kita jumpai orang terkenal yang nyaris sempurna secara fisik dan juga memiliki otak yang encer, ataupun kalau ada biasanya hanya alakadarnya saja, sekadar untuk mengimbangi kecantikan fisiknya saja.

hedy lamarr. 001. max noir crossroads

Hedy Lamarr, aktris Holywood kelahiran Austria yang berjasa dalam teknologi nirkabel, dengan penemuannya itu saat ini kita bisa menikmati wifi dan telfon selular. Pada masa pra-komputer saat itu, Lamarr sudah merumuskan beberapa penemuan penting yang merupakan cikal bakal kelahiran teknologi nirkabel.

Lahir pada 9 november 1913, Hedy Lamarr mulai meniti karirnya setelah membintangi film yang cukup kontroversial pada masa itu “Ecstasy”, setelah itu ia menjadi salah satu bintang MGM pada masa keemasannya, beberapa filmnya menjadi box 0ffice dan Lamarr dinobatkan menjadi salah satu bintang yang paling berpengaruh dan tercantik.

Pada masa kejayaanya itu, Lamarr bertemu dengan seorang komposer musik George Antheil pada suatu pesta, mereka saling berdiskusi tentang gelombang radio yang selama ini menjadi andalan dalam mengendalikan torpedo dan rudal, mereka berdua sepakat bahwa teknologi gelombang radio tidak tepat untuk sebagai pengendali karena memiliki celah untuk diubah gelombangnya oleh musuh (oke, sebentar dulu…….seorang aktris cantik dan terkenal bertemu komposer musik lalu berdiskusi tentang teknologi nirkabel pada suatu pesta ?? WTF ) Karena saking excited-nya Lamarr menuliskan nomor telfonnya dengan lipstiknya pada sapu tangan untuk Antheil (so sweet !)

Bersama Antheil, Lamarr mematenkan penemuannya “Secret Communcation System” yang merupakan versi awal dari bentuk frequency hopping yang merupakan sinyal radio yang lebih kompleks hingga sulit untuk dideteksi oleh musuh, penemuan ini adalah cikal bakal teknologi spread-spectrum communication yang menjadi basis dari teknologi komunikasi modern seperti Bluetooth, Wi-Fi, GPS dan CDMA.

Sayangnya penemuan Lamarr tidak dilirik oleh militer, baru pada saat Amrik memasuki babak krisis dengan Kuba, penemuan mereka digunakan oleh kapal perang militer. Namun sayang bagi Lamarr, saat penemuannya mulai digunakan, hak patennya sudah kadarluarsa.

Tidak ada dokumentasi tentang bagaimana Lamarr dapat memperoleh ilmunya itu, atau bagaimana ia bisa hidup dengan mengeluti dua dunia yang berbeda ; satu dunia glamor dan satunya lagi dunia sains dan teknologi. yang jelas Lamarr bisa membuktikan bahwa menjadi aktris cantik dan terkenal bisa memiliki otak yang encer juga. dibalik kehidupannya yang glamor dan suka bergonta-ganti suami (Lamarr menikah sebanyak 6 kali) ia memiliki hobi yang cukup aneh, suka mengutak-atik rumus2 matematika yang ribet dan ngejlimet – salah satu penemuannya yang lain adalah tablet yang jika dilarutkan dalam air putih akan berubah menjadi minuman soda, seperti redoxon pada saat ini.

Jadi pesan moral yang bisa kita ambil dari si cantik Hedy Lamarr ini adalah ; kecantikan fisik harus diimbangi dengan keenceran otak juga, Beauty and Brain could be in one package.

Pada akhir hidupnya Lamarr menjauh dari dunia glamor, menulis buku biografinya, hidup dengan biaya dari royalti buku tersebut, dan dia meninggal pada awal tahun 2000.

Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Hedy_Lamarr

http://www.google.com/patents?vid=USPAT2292387

http://www.inventions.org/culture/female/lamarr.html

Hedy Lamarr 4

Advertisements

2 comments

  1. arhsa · February 19, 2013

    baru tahu nih.

  2. saliwoakai · November 9, 2015

    Baru tau ane gan. gara gara liat di page google. nice share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s