Memilih sekolah terbaik untuk anak

Tidak terasa kita sudah sampai di penghujung tahun, dan bagi beberapa orang tua yang memiliki anak-anak diusia sekolah berarti ini adalah saatnya untuk hunting sekolah baru bagi buah hati tercinta.

Memilih sekolah yang terbaik merupakan perjuangan juga lho, memang tidak ada yang sekolah yang sempurna, namun paling tidak ada sekolah yang cocok dengan kebutuhan anak-anak kita.

Nah, saya sebenarnya orang tua yang termasuk pemalas soal hunting sekolah gini, gak mungkin dong saya keliling ke semua sekolah unggulan untuk mencaritahu tentang info sekolah tersebut ? jadi saya pakai beberapa trik untuk menghemat mencari sekolah terbaik untuk anak saya :

  • Search Google , iya ini langkah yang paling gampang dan cukup bisa dihandalkan, tinggal ketik keywords yang anda inginkan misalnya “Sekolah SD terbaik sejakarta”
  • Bertanya di grup atau forum parenting yang banyak terdapat dimana-mana
  • mencari info dari teman, tetangga, saudara yang sudah memiliki anak yang bersekolah disekolah tujuan
  • mendatangi sekolah tujuan, jika sudah cukup yakin saja sih ya, untuk menghemat waktu dan tenaga juga.

Biasanya setelah melakukan langkah2 tersebut, saya membuat beberapa kategori sekolah yang akan menjadi tujuan untuk anak saya, kategori itu biasanya berdasarkan :

  1. Lokasi, lokasi, lokasi !! mau gimana keren dan bergengsinya suatu sekolah, tetap saja lokasi yang terpenting, idealnya jarak dari rumah ke sekolah tidak memakan waktu lebih dari 30menit,  karena jika lebih dari itu ya akan banyak hal-hal yang membebani si kecil, tentunya kita tidak mau dia jadi kecapean dijalan kan ?
  2. Kurikulum ; kurikulum adalah amunisi dari sekolah, jika amunisinya kopong dan dodol, jangan harap si kecil bisa berkembang jadi karakter yang handal. sekolah yang baik akan memaparkan dengan jelas kepada calon orang tua tentang kurikulum yang digunakan di sekolah tersebut, jangan mudah terpancing dengan istilah-istilah keren dan berbau bahasa inggris, karena belum tentu kurikulum yang canggih itu akan bermanfaat bagi si kecil. Bagi beberapa orang tua, kurikulum berbau internasional sangat penting, namun sekali lagi pertimbangkan apa benar kurikulum bergengsi itu bermanfaat bagi si kecil ?
  3. Guru, Guru, dan Guru ! lupakan fasilitas mewah dan nama besar sekolah, jika sekolah tersebut tidak memiliki guru yang berkualitas maka tinggalkan saja, bagaimana kita bisa tahu jika sekolah tersebut memiliki guru yang berkualitas ? perhatikan saja bagaimana para guru berinteraksi dengan muridnya, interaksi yang ideal adalah adanya komunikasi yang terbuka antara guru dan muridnya, jadi guru bersedia juga mendengar masukan dari para murid, dan tidak tersinggung jika mendapat kritikan dari murid.  Selain itu caritahu juga apakah sekolah memberikan training secara berkala kepada para gurunya yang bertujuan untuk meningkatkan skill para guru. juga cari tahu latar belakang pendidikan para guru, saat ini di jakarta saja untuk menjadi guru taman kanak-kanak harus yang lulusan S1
  4. Dana, ini juga merupakan faktor penting dalam memilih sekolah, kalau kita punya dana yang tidak terbatas ya resikonya pilihan sekolah menjadi lebih banyak, hehehe :mrgreen: kalau memiliki dana yang terbatas makan tentunya pilihan sekolah harus dibuat lebih sedikit
  5. Fasilitas, apakah kelasnya cukup nyaman ? apakah kamar mandinya cukup bersih ? apakah lapangan sekolah cukup luas ? adakah tempat parkir yang memadai ? apakah tersedia fasilitas antar-jemput ?
  6. Akses ke jenjang pendidikan berikutnya, idealnya sekolah yang baik dan bermutu sudah memiliki akses ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, ini sangat membantu bagi orang tua, karena saat ini banyak sekolah baru yang bermunculan dengan kualitas yang bagus namun tidak memiliki akses untuk ke jenjang berikutnya.
  7. Kegiatan Ekstra Kurikuler ; sekolah yang baik tentunya memiliki berbagaimacam kegiatan non-kurikulum atau ekstra kurikuler yang dapat menampung minat dan bakat si kecil, hal ini bisa menjadi pertimbangan khusus juga dalam memilih sekolah bagi si kecil.

Ada juga beberapa pertimbangan lainnya seperti apakah sekolah tersebut bilingual atau tidak, buat saya pribadi sih bilingual tidak terlalu penting ya, tapi hal itu kan berbeda, beberapa teman saya memandang sekolah bilingual dengan pengantar bahasa inggris itu sangat penting, tentunya hal itu berpulang pada pertimbangan masing-masing.

Demikian artikel tentang memilih sekolah idaman untuk si kecil, memang tidak ada sekolah yang 100% sempurna bagi buah hati kita, namun sebaiknya kita berusaha memberikan yang terbaik bagi si kecil. Selamat hunting sekolah ! 😉

Kids-going-back-to-school

Advertisements

3 comments

  1. Junita Siregar · December 7, 2012

    wah, postingannya mengingatkan beberapa tahun lalu mencari sekolah untuk anak-anak. Memang lokasi yang paling penting untuk saya karena saya tidak punya kesempatan untuk mengantar anak-anak, dan faktor lainnya adalah anak hepi pergi ke sekolah…

    • susandevy · December 10, 2012

      betul sekali, memilih sekolah yang baik untuk anak itu memang susah-susah gampang juga sih, asalkan kita ingat bahwa yang paling penting adalah bagaimana sekolah itu cocok untuk kebutuhan si anak 🙂

  2. muslihzarth · December 10, 2012

    Postingan ini bisa dijadikan rujukan untuk masadepan saya ntar, bookmark dulu. hihihi….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s