Image Manipulation dengan Gimp

Memanipulasi gambar / image termasuk skill yang dasar/basic dari image editing, manipulasi gambar adalah suatu usaha untuk mengkoreksi gambar agar tampak lebih menarik dari aslinya, jadi skill ini digunakan untuk menghilangkan kerutan, garis hitam dibawah mata, tahi lalat, jerawat, bekas luka, bahkan juga tato.

Biasanya software yang sudah umum digunakan untuk image manipulation adalah Photoshop, namun berhubung saya tidak bisa menggunakan photoshop (serius ! 🙄 ) maka saya akan mencoba dengan software image editing yang free and open source yaitu Gimp

Secara umum, Tools yang digunakan adalah tools yang masuk dalam kategori Painting Tools, tapi justru lebih sering digunakan untuk memanipulasi gambar, kali ini saya akan mencoba dengan Blur/Sharpen Tool, Dodge/Burn Tool dan Heal Tool.

Ini adalah berbagaimacam Painting Tools pada Gimp :

 

 

Sebetulnya ada satu tool lagi yang dapat digunakan yaitu Smudge tool yang bisa memberi efek ‘halus’ pada gambar, tapi saya tidak merekomendasikannya, karena akan membuat gambar jadi seperti ‘kotor’, jadi cukup tiga tools yang saya sebutkan diatas.

Fungsi dari ketiga painting tools diatas adalah :

  • Blur/Sharpen tool ; untuk memberi efek pada gambar menjadi lebih blur (tidak fokus/tajam) dan lebih sharp (tajam)
  • Dodge/Burn tool ; untuk memberikan efek pada gambar menjadi lebih terang (dodge) atau lebih gelap (burn)
  • Heal tool ; untuk mengkloning bagian pada gambar dengan cara yang lebih ‘smart’ hingga digunakan untuk memperbaiki kualitas gambar.

 

Key Modifier : tahan tombol Ctrl saat memakai Blur/Sharpen tool untuk mengaktifkan fitur Sharpen-nya, karena jika tombol Ctrl dilepas maka Blur/Sharpen tool akan mengaktifkan fitur Blur-nya. demikian juga dengan Dodge/Burn tool

Pada Heal tool, tekan tombol Ctrl untuk menentukan posisi awal pada gambar yang akan digunakan untuk mengkoreksi gambar.

Kelihatan rumit ? sebetulnya tidak, bahkan untuk mengedit gambar dengan tools ini menjadi sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang banyak, untuk lebih jelasnya, saya akan coba dengan foto Sigourney Waever , dengan painting tools ini saya akan mencoba membuatnya menjadi lebih muda 30 tahun ! :mrgreen:

 

Pertama, pilih Blur/Sharpen tool :

 

Tekan tombol mouse kiri dan mulai membuat “blur” pada bagian wajah yang penuh kerutan, terutama bagian mata dan garis senyum. Tahan tombol Ctrl untuk mengaktifkan fungsi “sharpen” dan mulai membuat “sharp” pada mata, hidung dan bibir.

 

 

Kedua, pilih Dodge/Burn tool :

 

Gunakan fungsi “Dodge” untuk memberi highlight atau membuat lebih terang pada bagian pipi, batang hidung, bibir, tulang mata dibawah alis, kerutan pada bawah mata dan garis senyum. kemudian tahan Ctrl untuk mengaktifkan fungsi “Burn” dan mulai menggelapkan bagian tulang pipi, bawah leher dan cekungan mata.

 

 

Terakhir, gunakan Heal Tool :

 

Heal tool digunakan untuk menghilangkan kerutan-kerutan pada wajah, jadi pertama kita harus memilih bagian wajah yang paling mulus, misalnya puncak hidung atau pipi, tekan Ctrl untuk menentukan posis awal, dan mulai “menghilangkan” kerutan pada bagian wajah lainnya.

 

 

tips :

  • sebaiknya jarak antara posisi tidak terlalu jauh, semakin dekat semakin baik.
  • atur ukuran kursor pada Tool Option untuk mempermudah pengeditan
  • jika salah, gunakan Undo  (Ctrl – Z) semakin sering dicoba, semakin mudah melakukannya

 

Dan inilah hasil akhir ya ! 😮

 

Saya membuat editing ini hanya kurang dari 5 menit, jadi memang masih kurang bagus ya, harusnya lebih lama dari itu, tapi ini hanya untuk menunjukan bahwa manipulasi gambar adalah hal yang sangat mudah ! saking mudahnya bahkan 90% dari gambar yang kita lihat pada majalah2 wanita itu sudah dimanipulasi ! nah lhoooo 😯

So, last but not least, use image editing software wisely, because you can fake your pictures but you can never fake yourself, unless you got botox ! 😀

 

 

Gimp adalah software multi-platform  image editing yang free and open source, untuk info go to http://www.gimp.org

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

2 comments

  1. astridarum · September 23, 2012

    mantep bu depih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s