Apakah “Linux Zealot” itu ?

“Linux Zealots don’t know anything; they’re just trying to act like something they’re not, probably for attention or because they think it makes them look cool”

Dalam dunia komputer tentunya kita sudah mengenal dua raksasa yaitu Microsoft dan Apple inc. keduanya adalah yang menjadi mainstream proprietary dalam dunia IT, sedangkan untuk free  and open source adalah Linux, yang merupakan sisitem operasi bertipe unix yang diawali dengan proyek GNU oleh Richard Stallman dan dikembangkan oleh Linus Torvalds.

Free artinya OS berbasis Linux bebas digunakan dan didistribusikan, open source artinya kode-kode linux bebas dimodifikasi oleh siapa saja.

Ya kira-kira begitu istilah harfiah Linux, tapi Apakah Linux Zealot itu ?

Linux Zealot itu sebetulnya tidak lebih dari fanboy yang fanatik – terlalu fanatik malah, hingga justru merusak citra Linux itu sendiri, mereka merasa bahwa Linux adalah satu-satunya OS yang sempurna dan tanpa cela, sedangkan apel dan M$ seperti setan yang harus dibasmi, namun pada kenyataan Linux Zealot bukan seorang programmer, mereka hanya user yang mau kelihatan keren dan pintar karena sudah bisa menggunakan Linux.

Jadi Linux Zealot itu adalah anti-mainstream yang ekstrimis

Secara umum, Linuxer terbagi atas tiga golongan : Linux Pro, yaitu kelompok yang tidak peduli apakah mereka menggunakan platform proprietary atau open source, yang penting bagi mereka adalah mereka dapat menghasilkan sesuatu dari apapun platform yang mereka gunakan, jadi switching between open source dan proprietary bagi mereka adalah tidak salah. Golongan kedua adalah Linux Prophet yaitu kelompok yang sejatinya adalah nice and decent IT guy, tapi kalau sudah mulai berdiskusi tentang open source mereka mulai melancarkan dogma-dogmanya, dan tentu saja memiliki pandangan bahwa proprietary adalah setan yang harus dibasmi. dan kelompok yang terakhir juga kasta yang terendah yaitu Linux Zealot, kelompok ini bukan orang IT namun adalah wannabe yang berpotensi merusak citra open source karena polah tingkahnya yang menyebalkan itu.

Belakangan ini saya sering berpikir apakah saya termasuk dalam Linux Zealot ? karena saya bukan orang IT, saya cuma penikmat dan pengguna open source saja, dan apakah karena saya punya OS linux di laptop saya bisa membuat saya lebih pintar dari yang lainnya ?

Saya sebetulnya belum lama menjadi user linux, mungkin baru sekitar dua tahun ini, namun tidak dapat saya pungkiri bahwa dengan menjadi user linux telah membuka peluang untuk belajar lebih banyak lagi.

Dan bahkan berkat free and open source software (foss) seperti Gimp dan Inkscape, saya akhirnya bisa mengedit gambar, namun bukan berarti Photoshop dan Corel Draw lebih jelek dari foss itu, justru karena foss lebih simpel dan sederhana saya jadi dapat menggunakannya, atau sebetulnya karena otak saya gak kesampean untuk memahami photoshop yang lebih canggih dan rumit itu :mrgreen:

Jadi saya selalu berusaha mengingatkan pada diri saya untuk tidak show off kayak orang bego gitu, lha ya sesekali saya masih pakai windows juga kok, terutama buat main game-game jadul  itu, atau kalau anak saya mau pakai laptop saya dan dia lebih suka pakai windows tentu saja saya gak paksa dia pakai linux sampai dia sendiri mau belajar memakainya sendiri.

Mudah-mudahan saya tidak bakalan mencoba menyuruh orang-orang disekitar saya untuk pindah ke linux, kalau mereka sudah nyaman dengan windows atau mac ya gak masalah kan ? yang penting saya ngurusin urusan saya sendiri, tetap terus belajar dan bereksplorasi dengan foss ini.

Sungguh saya selama ini tertolong banyak dari komunitas linuxer yang bersahabat dan suportif, walau selama ini baru ketemu secara online saja, tapi mereka tidak pernah sungkan untuk berbagi ilmunya buat ibu2 riwil yang gaptek seperti saya ini 😮

All and all, jangan jadi fanboy yang bego dan sok cool, yang penting adalah bagaimana supaya tetap bisa bereksplorasi dan belajar lebih banyak lagi.

“I like Linux but I’ll never be a Stupid Linux Zealot”

 

 

 

4 comments

  1. anthonyvenable110 · September 12, 2012

    Reblogged this on anthonyvenable110.

  2. muslihzarth · September 17, 2012

    Dan saya seorang mantan linux zealot 😀

    • susandevy · September 18, 2012

      alhamdulilah sudah tobat ya 😀

      • muslihzarth · September 18, 2012

        sudah kembali ke jalan yang benar mbak 😀

Leave a Reply

