Memahami komposisi “Rule of Thirds” pada gambar

Pada dunia fotografi dan seni lukis dikenal istilah “Rule of Thirds” yang merupakan suatu teori dasar untuk membuat gambar atau image yang hasilkan menjadi lebih proporsional dan menarik.

Intinya Rule of Thirds adalah garis bantu atau guidelines yang membagi gambar menjadi sembilan bagian yang sama besar dengan menarik dua garis sejajar pada horizon dan dua garis sejajar pada vertikal. Garis-garis ini adalah garis bantu yang akan memposisikan objek atau gais horizon hingga gambar yang dihasilkan menjadi lebih proporsional dan lebih menarik.

Gampangnya, bentuk garis Rule of Thirds seperti papan catur jawa ! ๐Ÿ™‚

Nah, kalau kita punya kamera DSRL yang canggih, fitur Rule of Thirds ini mungkin sudah tersedia pada pilihan menunya, tapi bagaimana kalau kita memotret dari kamera hape atau kamera poket yang sederhana ? padahal kita kan juga mau membuat gambar yang menarik dan tidak kalah keren dari kamera canggih itu.

Ya gampang tinggal diedit aja pakai software image manipulation !

Saya gak tahu ya apa fitur guidelines Rule of Thirds tersedia pada Photoshop, pastinya sih ada, tapi software yang saya pakai adalah Gimp, yang merupakan free and open source software, dan mengedit gambar agar dapat proporsional sesuai dengan Rule of Thirds ini tidak susah, malah gampang sekali ๐Ÿ˜€

Jadi, pertama yang dilakukan setelah membuka image pada Gimp, pilih Rectangle Select Toolย yang terdapat pada Toolbox (bisa juga dengan Crop Tool) kemudian pada Tool Option box dibawah pilih dari No Guideline jadi Rule of the Thirds.

kemudian buat seleksi pada gambar dengan menggunakan Rectangle Select Tool seperti pada gambar berikut ini :

Pada gambar sebelumnya, karena dipotret tanpa memakai kaidah Rule of Thirds, jadi tanpa sadar garis horizontalnya diambil pada posisi ditengah-tengah gambar, ini sebetulnya membuat gambar jadi kurang proporsional atau kurang menarik, dengan mengedit gambar memakai kaidah Rule of Thirds maka gambar yang dihasilkan menjadi lebih menarik, seperti hasil dibawah ini, setelah dicopy-paste dari gambar diatas :

Sering kali kita tanpa sadar menempatkan objek pada gambar diposisi tengah-tengah gambar, padahal hal tersebut membuat gambar menjadi kurang menarik, seperti pada gambar berikut yang kemudian diberi guidelines Rule of Thirds seperti gambar sebelumnya :

Dan berikut hasil gambar yang telah diedit dengan kaidah Rule of Thirds, kelihatan lebih menarik bukan ? ๐Ÿ™‚

dan berikut adalah beberapa gambar yang telah diedit dengan menggunakan kaidah Rule of Thirds , sebelumnya gambar-gambar ini memiliki objek yang terletak ditengah-tengah gambar, tapi setelah diedit dengan Rule of Thirds jadi lebih proporsional, bukan ? ๐Ÿ˜‰

Memang seharusnya dalam memotret kita tidak harus terpaku pada suatu teori, namun jika teori itu dapat membuat gambar menjadi lebih menarik seperti Rule of Thirds ini, kenapa tidak kita terapkan untuk mengabadikan momen-momen penting ? dan jika lupa untuk menggunakannya atau kamera yang dipakai tidak canggih, jangan lupa bahwa gambar selalu bisa diedit dengan software image editing ! ๐Ÿ˜‰

Gimp adalah free and open source image editing software yang multi-platform, go to www.gimp.org untuk info lebih lanjut.

Semua gambar diambil dengan kamera poket 12mb dan diedit dengan Gimp

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s