I’tikaf ~ antimainstream di bulan Ramadhan

Di bulan suci Ramadhan ini, terutama menjelang sepuluh hari terakhir, biasanya kita mulai sibuk dengan berbagai kegiatan untuk menyambut Ramadhan, mulai dari belanja baju lebaran, memasak untuk persiapan hari raya dan mudik !

Lebih dari satu dekade saya menjalani ritual hari raya ini dan tanpa sadar bahwa ritual ini justru menjauhkan saya dari esensi yang sebetulnya dari hari raya itu sendiri.

Mengapa ? karena ritual-ritual yang “katanya harus dan wajib karena semua orang melakukannya” itu sebenarnya justru mengurangi waktu dan energi kita untuk beribadah di sepuluh hari terakhir Ramadhan yang idealnya kita justru lebih giat dan rajin beribadah di hari-hari terakhir itu.

Baru dua tahun belakang ini saya berkesempatan menikmati lebaran yang tenang dan nyaman, tanpa gangguan kewajiban harus melakukan ritual hari raya yang menyebalkan itu ! hehee ๐Ÿ™‚

Dan salah satu fenomena di kota besar ini yang saya amati, adalah kecenderungan untuk beri’tikaf ke mesjid rame2 bersama keluarga atau teman2 ๐Ÿ˜€

Coba saja amati mesjid2 besar di kota jakarta pada sepuluh hari terakhir pasti penuh sesak, bahkan lebih ramai dari pada mal ! :mrgreen:

Apa I’tikaf itu ?

I’tikaf intinya adalah berdiam diri di mesjid selama sepuluh hari terakhir di bulan suci Ramadhan, ada beberapa ketentuan i’tikaf, yang intinya harus dilakukan di mesjid, namun untuk perempuan i’tikaf bisa dilakukan di rumah saja – sebagian ulama berpendapat demikian.

Kalau saya sendiri sih ya terus terang belum kuat melakukan i’tikaf, paling cuma datang ke mesjid untuk sholat tarawih atau qiyamul lail (sholat tengah malam) dan dari situ saya mengamati kegiatan2 para pelaku i’tikaf, ada yang serombongan dengan teman-temannya, ada yang sekeluarga – bahkan membawa kakek, nenek dan anak2 yang ย masih bayi , wow ! ๐Ÿ˜ฏ

Pernah saya datang ke mesjid yang terletak di belakang gedung BI untuk qiyamul lail, dan ternyata saya gak bisa ikutan sholat karena telat datang dan gak kebagian tempat ! haduuuh…..

Untungnya ada mesjid besar yang bagus dekat rumah, Mesjid Biru, dan fasilitasnya lumayan memadai dan bersih, kebetulan saya sempat mengambil gambar2 menjelang tengah malam, dimana mesjid semakin malam justru semakin padat dan ramai. Mesjid Biru ini terletak di selatan jakarta, dan memiliki dua tingkat, sebetulnya hanya tingkat atas yang digunakan untuk sholatm namun karena jama’ah sangat ramai, maka basement-nya digunakan untuk sholat juga.

ini adalah suasana di dalam Mesjid Biru menjelang tengah malam :

Ada yang tidur, juga ada yang bawa anak2 balita ke mesjid :mrgreen:

Suasana di basement Mesjid Biru, biasanya yang memilih disini adalah rombongan keluarga, karena tidak seramai diatas

di luar mesjid sangat ramai ! banyak jajanan yang yummy-maknyuss…..bahkan ada tukang kerak telor juga lho ๐Ÿ˜ฎ

Jadi untuk yang berminat untuk melakukan i’tikaf, mungkin bisa mencari informasi pada mesjid2 di dekat rumah, biasanya mesjid2 besar sudah memiliki koordinator untuk i’tikaf dan mereka sudah memiliki jadwal kegiatan selama i’tikaf.

Nah, demikian posting tentang i’tikaf ini, semoga dapat memberikan pencerahan tentang makna Ramadhan ๐Ÿ˜‰

all images were taken by pocket camera and edited with gimp

Advertisements

4 comments

  1. Jubah Fesyen · August 16, 2013

    Baru jer semalam famili saya sembang pasal nie…

    hari nie jumpa blog awak … tahniah atas penerangan yg bermanafaat
    nie..

  2. Siti Lutfiyah Azizah · June 22, 2015

    Mba, mesjid biru ini mesjid pondok indah bukan ya? atau ada julukan mesjid biru buat mesjid lain di selatan jakarta?
    Saya kebetulan sedang mencari lokasi untuk itikaf, tapi yang tidak seramai mesjid-mesjid besar semisal BI, Istiqlal, At Tin, dll.
    Terima kasih ya atas infonya ๐Ÿ™‚

    • susandevy · June 22, 2015

      iya betul mba Siti,
      ini mesjid Biru yang di pondok indah, persis seberang PIM1,
      tapi rasanya kalau sudah 10 hari terakhir saat ini pasti sangat ramai,
      untung di mesjid ini ada basement yang cukup luas, jadi bisa i’tikaf sekeluarga disana,
      selamat i’tikaf ya ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s