Tutorial Membuat Efek Fake HDR dengan Gimp

HDR atau High Dynamic Range adalah suatu teknik dari fotografi untuk menghasilkan image yang memiliki “dynamic range” yang besar diantara area lightness dan darkness hingga image yang dihasilkan seperti memiliki nuansa surealis dan agak unnatural.

Sebetulnya saya pribadi kurang begitu suka dengan teknik HDR ini, saya lebih prefer efek lomografi dan vintage yang tampak lebih natural, sampai ada yang bertanya bagaimana cara menginstal plugin Fake HDR pada Gimp, padahal saya pun belum pernah mencoba plugin itu ! hehe….akhirnya saya malah mencari tahu bagaimana cara membuat efek Fake HDR tanpa menggunakan Plugin.

Dan akhirnya setelah mencoba-coba, saya bisa membuat efek Fake HDR tanpa plugin, walau hasilnya mungkin tidak serupa dengan menggunakan plugin, tapi saya cukup puas dengan hasilnya, karena menurut saya image yang dihasilkan tidak terlalu “tweak” dan bisa cukup natural.

Baiklah, jadi kita mulai saja cara membuat efek Fake HDR ini, pertama buka dulu file yang akan kita gunakan, saya memakai gambar mesjid ini :

 

 

Buat duplikat Layernya dengan men-klik icon Duplicate Layer pada Layer Box , atau dari menu : Layer – Duplicate Layer , atau bisa juga dengan menekan : Shift-Ctrl-D , dengan layer baru yang ter-select, selanjutnya ikuti step ini :

  • pilih Color – Desaturate , klik Ok ,
  • kemudian pilih Color – Invert , klik Ok ,
  • dan pilih Filter – Artistic – SoftGlow , klik Ok, dan hasilnya seperti berikut :

 

 

Pada Layer Modes, pilih Soft Light, dan turunkan Opacity sampai 50% , buat duplikat layer tersebut dan naikkan opacity sampai 75%

 

 

Kembali pilih layer mesjid, duplikat layer tersebut dan pindahkan sampai ke posisi atas dari semua layer, pilih Color – Level dan naikkan nilai input level yang paling kanan dari 0 (nol) menjadi 100, seperti pada gambar berikut ini :

 

 

Color Level ini akan memberi efek gelap pada image, ubah seting Layer Modes pada Darken Only , dan turunkan nilai Opacity pada sekitar 30% – 50% .

Nah, kita hampir sampai pada langkah terakhir, pilih Layer – New from Visible , yang akan menampilkan layer yang berasal dari image yang tampak, dan kita bisa matikan tombol “mata” pada layer-layer lainnya, karena kita hanya memerlukan layer yang terakhir ini saja. Pilih Color – Hue Saturation , ubah nilai Hue jadi 10 dan Saturation sekitar 50 – 70, klik Ok.

Dan inilah hasil akhir dari efek Fake HDR tanpa Plugin !  😀

 

Oh ya, saya juga iseng mencoba metode ini pada image lainnya dan ini adalah hasilnya, cukup bagus bukan ? hehee 😉

Jujur saja, saya tidak mengerti cara mengatur seting pada fitur Galery di blog wordpress ini, jadi semua image yang saya upload muncul pada Galery, hingga seperti tumpang-tindih begini, jadi dilihat saja semuanya ya, ada image yang sebelum diberi efek Fake HDR dan image setelah diberi efek tersebut :mrgreen:

Demikian tutorial Efek Fake HDR dengan Gimp, semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan dan saran, silakan isi kolom dibawah ya ! 😉

 

Leave a Reply

