Stephen “7 Habits” Covey’s Legacy

“Be a light, not a judge. Be a model, not a critic” – Stephen R. Covey

Ada beberapa buku yang sangat menyentuh saya secara personal, mungkin karena buku-buku itu memberikan ‘insight’ baru atau memiliki sesuatu hal yang sulit dijabarkan hingga saya merasa memiliki semacam sentimental tersendiri terhadap buku-buku itu. salah satunya adalah 7 Habits of Highly Effective People.

Dulu, jauh sebelum Mario Teguh dan para motivator dadakan itu terkenal, Buku 7 Habits adalah merupakan suatu terobosan yang spektakuler, seingat saya waktu pertama kali membacanya ( ya, saya membaca buku itu berulang kali !) waktu zamannya kuliah dulu, dan buku ini cukup memberikan perubahan yang signifikan pada karakter saya ( gak bo’ong lhoo )

Apa saja 7 Habits itu ?

Buat yang sudah lupa atau belum tahu , ini Tujuh Kebiasaan Efektif yang dirumuskan oleh Stephen Covey :

  1. Be Proactive
  2. Begin with the End in Mind
  3. Put First Things First
  4. Think Win/Win
  5. Seek First to Understand, Then to Be Understood
  6. Synergize
  7. Sharpen the Saw

Dan “Habit” favorit saya adalah nomor 4 : “Win-Win Solution”, rasanya tanpa Covey, kalimat win-win solution tidak akan pernah ditemukan, win-win solution atau lebih tepatnya seperti “musyawarah untuk mufakat” adalah suatu kebiasaan yang mulia karena mengharuskan kita menekan ego dan menggunakan empati untuk mencari jalan keluar dari suatu masalah hingga mendapatkan solusi yang menguntungkan semua pihak.

Sebetulnya saya rada basi menulis tentang Stephen Covey, toh semua orang sudah tahu karyanya, tapi pagi ini saya membaca posting teman di fesbuk tentang berita kematiannya, dan tiba-tiba saja saya jadi ingat tentang semua hal yang pernah saya pelajari dari buku-buku Stephen Covey.

Saya rasa tidak berlebihan jika menyatakan bahwa karya Stephen Covey memiliki pengaruh yang besar di bidang psikologi atau lebih tepatnya self-motivational dan self-improvement, kebesaran Covey tentunya bisa disandingkan dengan Dale Carnegie.

Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan jasa….

Thanks, Mr. Covey….for your great books

“Live, love, laugh, leave a legacy.”

– Stephen R. Covey

2 comments

  1. muslihzarth · July 18, 2012

    g basi kok mbak, buktinya saya baru tau om Stephen ini dari posting mbak 🙂

    langsung cari bukunya, mudah-mudahan dapet…ckk

    • susandevy · July 18, 2012

      oh, alhamdulilah, jadi saya ga sia2 buat posting ini ya ? hehee…digugling dulu aja, siapa tau ada ebooknya 🙂

Leave a Reply

