Instal Gimp 2.8 di ubuntu 11.10

Akhirnya Gimp 2.8 dirilis juga !

Tapi saya sebetulnya malas menginstalnya, pertama karena saya memang pemalas, kedua karena saya merasa sudah cukup puas menikmati  Gimp versi 2.6 selama kurang lebih dua tahun.

Namun derasnya pemberitaan Gimp 2.8 di twitter, facebook dan google+ , membuat saya terbawa arus mainstream ini, dan akhirnya gak tahan juga untuk mencoba menginstall gimp 2.8

pertama ya saya googling dulu gimana cara instalnya, ya pasti pakai bahasa terminal standar : sudo apt get , tapi saya cari dulu repository-nya , nah gitu enaknya pakai ubuntu, mau instal aplikasi tinggal dicari aja di beberapa forum ubuntu, cara menginstalnya pun dijelaskan secara detail step-by-step.

dan ini perintah terminal untuk menginstal gimp 2.8 untuk ubuntu 11.10 ya ( karena gimp 2.8 sebetulnya lebih stabil digunakan di ubuntu 12.04, tapi lagi-lagi saya malas mengupgrade OS saya ke ubuntu 12.04 ) :

  • sudo apt-get install libgdk-pixbuf2.0-0
  • sudo add-apt-repository ppa:otto-kesselgulasch/gimp
  • sudo apt-get update
  • sudo apt-get upgrade
  • sudo apt-get install gimp

Kira2 waktu instalnya menghabiskan sekitar 15 menit , gak lama sih, bisa disambi ngupi juga, hehee

Dan akhirnya setelah selesai, saya langsung membuka gimp dari desktop ! viola !

eh tidak terjadi apa-apa………*hening*

something wrong ya ? trus saya googling lagi……alamak ! ternyata gimp 2.8 itu kalau direktorinya menimpa versi lamanya 2.6 akan membuat error dan tidak bisa dijalankan ! yah bagaimana ini ? kok kenapa gak ada yang kasih tau saya sebelumnya ? kenapa ?

saya punya beberapa opsi :

  1. posting minta tolong di twitter, fesbuk dan gugelplus , calling help to all nerds , which is not very good for my positive-geeky “pencitraan” image
  2. diam *ngemil coklat*
  3. tidur #ZzzzzZzz……

Tiba-tiba saya melihat notifikasi dari update manager yang memperingati saya bahwa ada error dari software yang baru diinstal ( yaiyalaaah !) tapi saya klik aja, dan ada perintah untuk meremove beberapa data yang bikin error itu, ya saya lakukan aja deh, udah pasrah….eh ternyata setelah itu gimp 2.8 bisa dijalankan ! yey !

Kelebihan dari gimp 2.8 adalah tampilan Single Window , caranya pilih Windows > Single-Window Mode

Salah satu fitur yang menarik adalah cage transform yang bisa mengubah ukuran image yang didalam “cage” , lumayan bagus juga, biasanya dulu di versi lama saya menggunakan beberapa step untuk mengubah ukuran image, namun berkat fitur ini jadi lebih mempermudah pekerjaan saya, terutama untuk memperbesar beberapa bagian tertentu dari image, hmm…..boobs ?

Ohya, fitur yang menyenangkan dari gimp 2.8 adalah New open windows navigation , dengan ini kita bisa lebih mudah berpindah-pindah dari beberapa open image sekaligus !

Satu lagi : di gimp 2.8 ini untuk men-save image hanya bisa dalam format gimp yaitu .xcf , nah jadi bagaimana cara men-save image dengan format lain seperti jpg atau png ? ternyata kita harus men-save dari menu Export, pilih File > Export , dan tinggal save image dengan format yang diinginkan.

Kira-kira demikian fitur dari gimp 2.8 yang baru saya sempat coba, untuk daftar fitur-fitur lainnya bisa dilihat disini :

http://www.gimp.org/release-notes/gimp-2.8.html

http://www.gimpusers.com/tutorials/gimp-2-8-features-preview-april-2010

Demikian review “dummy” saya untuk gimp 2.8 ini, semoga bermanfaat, jika menemukan masalah atau ada pertanyaan, lebih baik tidak ditanyakan kepada saya sih ! maklum masih belajar juga, cyiin ! :mrgreen:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s