Hunting, editing dan retouching foto

Long wiken ini saya dan si syarif pergi ke pelabuhan sunda kelapa untuk hunting foto, memang kebetulan stok foto2 untuk diedit sudah berkurang, jadi ini kesempatan untuk menambah koleksi baru lagi. Seperti biasa, saya menggunakan kamera poket (maklum belum sanggup beli dsrl sih) dan nanti hasilnya diedit dengan Gimp.

Memang kamera poket punya banyak kelemahan, tapi untuk mendapat hasil yang maksimal ada beberapa cara : (1) pakai pencahayaan alami, semakin cerah sinar matahari hasilnya akan semakin bagus, (2) saat mengambil gambar, tangan harus steady, gak boleh goyang atau gemetaran, kalau tidak bisa ya gunakan saja tripod kecil yang khusus untuk kamera poket, (3) foto sebanyak-banyaknya, jangan pelit, karena tidak semua hasil gambar dari kamera poket bisa diedit, kira-kira kurang dari 50% hasil foto kamera poket yang layak diedit.

Dan ini hasilnya, foto ini sudah saya edit dengan mengubah color balance, brightness – contras, filter gaussian blur dan unsharpen mask, juga memanfaatkan fitur Layer Modes, gambar aslinya sangat plain dan tidak fokus, dan setelah diedit kontur awannya bahkan bisa cukup kelihatan jelas !

Hampir sama seperti gambar diatas, saya juga mengedit dengan cara diatas

Sedangkan gambar ini selain diretouch juga diberi efek Fake Lomo :

Dan gambar ini saya beri efek Lens Flare, walaupun kurang maksimal, karena kendalanya adalah memunculkan warna pada objek sementara fitur lens flare tetap digunakan tanpa membuat objek menjadi gelap.

Sayangnya kami tidak bisa mendapatkan foto sunset, karena sore harinya sudah mulai mendung, mungkin juga sebaiknya tidak datang siang hari ke pelabuhan itu, karena saat itu sedang loading barang, hingga banyak truk-truk yang parkir didepan kapal hingga mengganggu pemandangan. Juga saya gagal membuat foto siluet dengan kamera poket ini, yah tapi begitu deh, memang ada saja kendala yang ada dilapangan, hehee…yang penting apapun hasilnya harus tetap diusahakan diedit !

Oh ya, koleksi lainnya bisa dilihat di akun flicker saya

Semoga posting ini bermanfaat dan menginspirasi untuk menggunakan teknologi yang low-end dan minim namun menghasilkan kualitas yang memadai

Advertisements

2 comments

  1. ndutyke · April 16, 2012

    pas di Bandung akhir bulan lalu, aku juga nyetok foto sampe banyak banget di HP. bawa sih digicam, tapi sekarang udah makin males pake digicam, hehehe.

    alhasil, udah 3 minggu ini instagramku isinya foto-foto pas di Bandung itu, hehehe…

    • susandevy · April 16, 2012

      nah ! betul ! alasan utama pake kamera hape atau kamera poket karena PRAKTIS, dibanding dsrl yang berat dan repot ! hehee 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s