Do it yourself : Fix Blackberry’s White Screen of Death (WSOD)

Pernah mengalami blackberry anda tiba-tiba ngehang, layarnya putih semua, sudah dicabut baterai dan rebooting, tapi tetap berlayar putih, semua tombol ditekan-tekan, tetap saja si blackberry tidak berkutik…..itu yang namanya White Screen of Death (WSOD) , semacam Blue Screen of Death di Windows ( hueeekkksss )

Kenapa bisa WSOD ? karena banyak hal , bisa karena kebanyakan pakai aplikasi, lupa me-restart  blackberry (harus rutin setidaknya sekali sehari yaaaa ), keseringan pakai bbm….yang pasti blackberry memang gak banget ! sudah baterainya cepat habis, lemot, blablablaaa…..namun karena mengingat kita hidup di negara blackberry dimana hampir semua orang punya setidak-tidaknya satu biji, jadi agak susah lepas dari biji beri hitam laknat jahanam ini.

Ya sudah, sekarang misalnya anggaplah sudah kejadian WSOD, trus gimana ? nangis meraung-raung ? panggil mbah dukun ? bunuh diri ? adopsi hamster ? :3

OMG, WSOD ! f*cked !

Berita baiknya WSOD bisa dibetulkan sendiri, gak terlalu sulit kok….tapi Berita buruknya ; semua data-data yang ada dalam blackberry akan terhapus, ya semuanya termasuk kontak, memo, file gambar, dsb.  Jadi berdoa saja sebelumnya data-data sudah terback-up, atau nangis darah deh ! :mrgreen:

Baiklah, sekarang apa saja yang dibutuhkan ?

  • PC/laptop dengan OS Windows atau Mac ( yang pake OS linux silakan pinjam laptop tetangganya dulu kali ya, karena si Research in Motion ini gak menyediakan blackberry desktop manager yang kompatibel dengan linux, ih ! )
  • Kabel data blackberry
  • Koneksi internet yang lancar jaya
  • blackberry yang ngehang
  • kopi, biskuit, permen, coklat, dan berbagai cemilan buat mengganjal perut (penting lho !)

Pertama, instal dulu aplikasi Blackberry Desktop Manager dari sini , buka program Application Loader dari Blackberry desktop manager, jika tidak ada shortcut, cari di :  Program Files > Common Files >Research In Motion > AppLoader

Setelah aplikasi dibuka, akan muncul windows yang meminta anda menghubungkan blackberry dengan komputer, namun sebelum dihubungkan dengan kabel data, pastikan dulu baterai sudah tercabut, jika tidak, maka blackberry akan terus menerus rebooting sendiri.

Kemudian, jika tidak terjadi apa-apa (semoga saja ya ) akan muncul windows yang menunjukkan bahwa program tersebut sedang meng-update blackberry, ini akan memakan waktu yang cukup lama, bisa lebih dari sejam.  beberapa saat kemudian di layar blackberry muncul gambar baterai, maka pasang kembali baterai, dan update akan berjalan kembali.

Nah, sekarang blackberry sudah kembali hidup dan bisa digunakan……eh, kok semua kontaknya hilang ya ? oh ya lupa, karena proses ini maka otomatis semua data-data terhapus, sudah dibilang kan sebelumnya ? sekarang tinggal merestore data-data yang sudah pernah diback-up…..tapi kalau belum ya silakan nangis darah aja ya ! :mrgreen:

Untuk aplikasi back-up yang saya pernah gunakan adalah Blackberry Protect , ada beberapa aplikasi back-up yang lainnya, tapi rasanya dengan aplikasi ini sudah cukup memadai. oh ya, kontak juga bisa di-synchronize  ke google dengan Google Sync, nah, selanjutnya tinggal menginstal aplikasi tersebut dan mendownload data-data yang sudah tersimpan.

Sekarang tinggal langkah yang terakhir, yaitu merestore data-data di Blackberry Messenger, caranya gampang : buka Blackberry messenger, pilih Option, skrol kebawah sampai ketemu “Backup management” dan pilih “restore”, dan tinggal pilih restore dari email atau dari device.

Nah, sekarang blackberry bisa ditinggal tidur, makan, mandi, pup, dan lain-lain…..karena merestore Blackberry Messenger itu lamanya bujibuneeee……bisa 2 jam lebih ya !  Mungkin tergantung dengan seberapa banyak kontak yang direstore dan berapa banyak grupnya, yah sudahlah….pasrah saja 😛

Setelah semua ini berlalu, ada beberapa hal penting yang tidak boleh dilupakan :

  1. Blackberry itu smartphone yang tidak terlalu smart ya !  Jadi jangan lupa setiap hari setidaknya sekali cabut baterai ! harus !
  2. Jangan, sekali-kali, pernah lupa memback-up data-data dalam blackberry, in case saja, tiba-tiba WSOD ini terjadi lagi ( huhuhuuu…. )
  3. Jangan pakai terlalu banyak aplikasi di blackberry, mengingat memorinya sudah kemakan sama bbm yang rakus itu, jadi semakin sedikit pakai aplikasi….semakin awet blackberrynya. atau kalau bisa sekalian aja ga usah pake aplikasi apapun !!! aarrrghhh !!!!!

Baiklah, semoga tips ini bermanfaat, semoga saja tidak pernah kejadian ya…..Jika tips ini tidak berhasil, maka saya sangat menyarankan agar blackberry anda secepatnya dibawa ke service center terdekat ! terima kasih atas perhatiannya 😀

Advertisements

16 comments

  1. honeylizious · January 9, 2012

    saya nggak menggunakan biji berry hitam ya, masih setia dengan hape lama walaupun naksir berat sama android, ah tapi kalo dapat hape gratis sih mau blackberry atau android tetap aja mau :))

    • susandevy · January 9, 2012

      wah, mbak honeylizious , lebih baik gak usah deh pake biji itu, bukan maksudnya mau gimana gitu, tapi lihat aja diluar sana semua orang sudah ga pake itu lagi. tapi ada juga teman yang bb-nya bisa awet sampai lebih dari 4 tahun, karena dia ga pake apapun selain untuk bbm ! heheee 😀

  2. febrymutz · August 29, 2012

    streeeeees hp gueeeee layarnya putihhh semua….. di beli bru 6bln dah gini… 😦

    • susandevy · August 30, 2012

      aku sekarang udah ganti ke android, ga tahan sama jam pasirnya 🙂

  3. miftah arif · October 17, 2012

    terima kasih infonya, BB saya jadi idup lg, setelah kemaren sempet “berenang” & layar jadi putih. didiemin sehari, terus pake cara diatas, BB idup lagi, thx ya susandevy

    • susandevy · October 17, 2012

      sama2 , senang bisa membantu, intinya jangan upgrade blackberry ke OS yang lebih tinggi dan jangan pakai aplikasi terlalu banyak, mudah2an blackberrynya bisa awet 🙂

  4. Lia · November 21, 2012

    hai mbak…sy punya masalah ne saat mw benerin BB sy yg WSOD. sy tdk mencapai tahap ‘windows akan menunjukkan bahwa program tersebut sedang meng-update blackberry’. di layar PC malah muncul kata2 berikut : ‘the blackberry desktop software does not have blackberry device software for the device that you have connected to the computer’. ini maksudnya knapa ya mbak?terima kasih banyak sebelumnya

    • susandevy · November 22, 2012

      dear mbak lia
      apa mungkin tipe blackberrynya sudah lama ? maksudnya kalau blackberry yang tipe lama bisa jadi softwarenya sudah tidak tersedia di blackberry desktop software.
      tapi itu cuma perkiraan saya saja, kalau tetap tidak bisa lebih baik dibawa ke servis center 🙂

  5. Niesha · November 21, 2012

    aku pake bb troch 9810.. q dapet bbm dari temen q yg nyuruh suruh buka menu bbm truz klik alt lalu klik htmn … itu q coba katanya. . ada pilihan warna menuu.. eghh malahh tema bb aku jadi hitam putih ??? jadi menu’ yg penting malah ketutup warna hitam …. bbm aku buka gak bisa ????gimana solusinya ..

    • susandevy · November 22, 2012

      waduh maaf ya aku sendiri belum pernah mengalami hal kayak gitu,dicoba bawa ke servis center aja 🙂

  6. Normansyah Hardi · May 17, 2013

    kenapa saat menghubung ulang JVM muncul suruhan memasukan kata sandi

    • susandevy · May 19, 2013

      wah, maaf saat ini saya sudah tidak pakai bb lagi, jadi saya tidak tahu

  7. southkoreame.com · November 13, 2014

    It’s difficult to find educated people about this subject, but you seem like you know what you’re talking about!

    Thanks

  8. Imaylani · March 14, 2015

    maaf, maksudnya tidak ada pilihan untuk meng-upgrade.. bagaimana ya?

    • susandevy · March 15, 2015

      mohon maaf karena saya sudah tidak menggunakan blackberry lagi jadi saya tidak tahu

  9. Siska · June 8, 2015

    wahahaha ngakak baca tulisan “blackberry itu smartphone yang tidak terlalu smart” XD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s