Arti sebuah nama

What’s in a name ? ~ Shakespeare

iya, apa sih nama itu ? bagi sebagian orang nama hanya untuk panggilan saja, yang membedakan kita dengan 7 milyar manusia lainnya di bumi ini, walaupun ada beberapa orang yang memiliki nama yang sama…..dan sebagian lagi menyisipkan doa atau harapan saat memberikan nama kepada anak-anaknya.

Nama tentunya diberikan berdasarkan latar belakang historis ataupun asal-usul keluarga yang bersangkutan, misalnya yang memiliki nama Muhammad sudah dipastikan berasal dari keluarga Islam ( ya iyalaah ) atau bisa saja dalam beberapa kejadian pemberian nama dipengaruhi oleh trauma historis yang mengakibatkan suatu suku berusaha menghilangkan identitasnya

contohnya ya lihat saja nama saya yang tertera diblog ini, jika orang awam yang tidak kenal dengan saya pasti menerka saya ini entah dari mana atau berasal dari India gitu…… (tepok2 jidat ) entah sudah tidak terhitung berapa kali saya harus menjelaskan bahwa saya ini memang bernama India, tapi saya bukan orang India……….!!!!     😥

oh ya, bukan hanya itu saja, beberapa kali di imigrasi saat melancong, saya biasa ditanya ; why you have Christian name but you’re a Moslem ??? (FFuUUUuuuuuu……..) 😦 😦 😦

Alhamdulilah saya pake jilbab ya, jadi ketahuan saya ini Islam toh, kalo gak saya mungkin sudah diajakin minum2 di pub atau makan baby…. (ups!)

memang di suku saya yang terletak disebelah barat pulau sumatra pernah beberapa kali mengalami semacam trauma historis, yang menyebabkan para orang tua merasa perlu menghilangkan identitas kesukuannya dengan cara memberikan nama-nama asing pada anak-anak mereka, atau mungkin juga dipengaruhi oleh dorongan adat merantau yang sangat kuat hingga pemberian nama yang bersifat internasional diharapkan akan membuat anak-anaknya cepat beradaptasi dengan dunia diluar sana……..eh, kalau ada yang mau mengkoreksi, ya silakan saja, sebab ini hanya hipotesa saya sendiri berdasarkan pengamatan yang terjadi disekeliling saya.

Dan maka dari itu, bukan hanya saya saja yang merasakan memiliki nama asing ini, tapi hampir seluruh generasi yang seangkatan dengan saya, ada family saya yang memiliki nama dari salah satu aktor James Bond, ada juga yang diberi nama oleh orang tuanya dengan nama “Lady Diana” (epic facepalm ) atau juga ada yang diberi nama dengan nama asing yang sudah “diindonesiakan” seperti pada gambar ini…… 😀

Untungnya saat ini kecenderungan memberi nama asing perlahan-lahan sudah mulai ditinggalkan oleh suku ini, tapi beberapa orang tua tetap berusaha memberikan nama yang “agamis-tapi-internasional”, misalnya teman-teman anak saya ada beberapa yang diberi nama “Zidane”, ya itu memang aslinya nama islam sih……asalnya dari “Zainuddin”…..hihihiiii 😛

Dan saya sendiri sih kalau disuruh ganti nama ya gak mau deh, karena gak mau repot aja, dan selain itu saya bisa mengeja nama ini dengan baik dan benar (uhuk) ………juga saya tidak mengalami kesulitan dalam mencari username atau domain…..ya karena yang pakai kombinasi nama aneh ini mungkin jarang atau bahkan tidak ada ! 😀

A rose by any other name would smell as sweet ~ Shakespeare

Leave a Reply

