Nenek yang hebat dari Saga ~ Book review

Tanpa uang pun, cukup dengan perasaan yang tenang, kita dapat hidup dengan ceria….

Nek, aku sama sekali tidak mengerti bahasa inggris.”

“Kalau gitu, tulis di kertas jawabanmu ; Saya orang Jepang.”

“Nek, aku juga tidak suka huruf Kanji.”

“Tulis di kertas jawabanmu ; Aku hidup dengan huruf Hiragana dan Katakana.”

“Aku juga benci sejarah…..”

“Tulis saja ; Saya tidak suka masa lalu….”

Tapi aku dipukul pak guru !

Itu adalah cuplikan dari buku Saga no Gabai Bachan, Nenek hebat dari Saga, inti dari buku ini adalah kisah seorang bocah bernama Akihiro yang hidup setelah Hiroshima dibom, hingga ia terpaksa terpisah dari ibunya yang bekerja di Hiroshima dan dititipkan kepada neneknya, Nenek Osano yang tinggal di kota kecil Saga, kehidupan mereka jauh dari kecukupan, bahkan untuk makan sehari-hari pun kurang, namun Nenek Osano tidak pernah kehilangan akal dan semangat, hingga kesulitan yang mereka alami terasa ringan, hidup tanpa beban dan jauh dari stres (berbeda sekali dengan kehidupan saat ini, ya ?)

Jadi pertanyaannya ; siapakah Akihiro ? dia adalah pengarang dari buku ini sendiri, yaitu Yoshichi Shimada, seorang aktor dan pelawak kawakan dari negri jepun, setelah menulis buku ini, yang langsung laris manis dipasaran, Shimada bahkan juga menjadi sutradara di film yang diangkat dari bukunya sendiri, juga dengan judul yang sama, wow ! sebetulnya sih inti dari buku ini adalah perjalanan hidupnya sendiri.

Namun Shimada tidak terjebak menjadi narsis…..ya begitulah kira2 gambarannya, berhubung saya juga sudah eneg dengan buku2 perjalanan hidup yang penuh perjuangan mengharu-biru seperti Laskar Pelangi, Negeri 5 menara….atau Ayat2 Cinta (eh, itu lain ya ? ya pokoknya I’m so not into those books at all, sorry to say that….) Gemstone dari buku yang sederhana ini adalah…..Shimada tidak berfokus pada kisah dirinya, namun ia berfokus pada tokoh2 yang menyokong dan berperan penting hidupnya, seperti neneknya dan ibunya…..lagi pula Behind every great man there’s a great woman…… atau lebih tepatnya there are great women !

Saya pertama kali mendengar buku ini dari anak saya, kelihatannya buku ini lagi ngehits di sekolahnya, ya sudah, saya belikan saja, mumpung saya juga penasaran pengen baca buku ini juga, eh…ternyata buku ini menarik banget, bahkan saya dan anak saya rebutan baca buku ini ! 😀

Hal-hal yang saya dapatkan dari buku ini adalah nilai-nilai kekeluargaan, kesederhanaan, persahabatan, dan kerja keras, semangat hidup dan pantang menyerah.…ya, karakter yang umum kita jumpai dari orang2 jepun itu, juga bagaimana para guru dan teman2 Akihiro yang sering membantunya karena mereka paham dengan kondisi Akihiro yang pas-pasan, sesuatu hal yang sederhana namun berharga ; menolong itu penting, namun lebih penting lagi adalah menolong tanpa mengharapkan balasan dari orang yang ditolong 😥

All and All, Buku yang sederhana dan gak ngejelimet ini layak untuk dibaca, dan juga cocok untuk dijadikan hadiah bagi si kecil, karena jujur, saya sendiri membaca buku yang simple ini bisa sampai terharu, bahkan menangis…..dan kemudian tertawa ! dan saya jamin yang baca buku ini bisa menangis dan tertawa juga ! ( kalau gak sampai nangis, ambil bawang, diiris, trus dicolekin ke matanya….pasti air matanya langsung keluar deh ! 😆 )

Kebahagiaan itu bukanlah sesuatu yang ditentukan oleh uang……

Kebahagiaan itu adalah sesuatu yang ditentukan oleh diri kita sendiri, oleh hati kita.

(Yoshichi Shimada)

Leave a Reply

