Say it to me…as a friend ~ King’s Speech

It takes leadership to confront a nation’s fear… It takes friendship to conquer your own

itu adalah tagline dari King’s Speech movie, film tentang bagaimana King George VI menyembuhkan penyakit gagap dan ketakutan terhadap public speaking berkat bantuian terapisnya, Lionel Louge.

Beberapa orang lebih memilih terjun bebas dari jurang daripada harus berbicara didepan umum, namun adakalanya kita tidak bisa kabur dari kenyataan bahwa suatu saat setiap orang akan merepresentasikan dirinya sendiri dihadapan publik.

King George VI atau Bertie, mengidap gagap akut, bahkan dia tidak bisa menceritakan bedtime story dengan lancar kepada kedua putrinya, ditambah pula dengan tekanan dari ayahnya yang dengan panjang lebar memberikan pidato demotivasional kepadanya, not to mention, ibunya yang tidak pernah memberi perhatian, saudaranya yang senantiasa mengejeknya, juga masa kecil yang diisi dengan trauma penyiksaan dari pengasuhnya. lengkap sudah penderitaannya sebagai calon raja yang gagap.

Untung saja, Bertie memiliki istri yang baik yang selalu berusaha menyembuhkan penyakitnya itu, berbagai terapis mereka datangkan, sampai akhirnya mereka menemui Lionel, yang memiliki metode yang tidak lazim, bukan hanya menyembuhkan secara fisik saja, namun juga secara mental.

Tekanan semakin memuncak ketika Bertie dinobatkan menjadi raja dan dunia memasuki krisis perang dunia II, seakan-akan Bertie dihadapkan pada sosok Hitler yang tampil tanpa cela ketika memberikan pidatonya dihadapan rakyat jerman, dan mampukan Bertie yang gagap menandingi kharisma Hitler ?

Disini menurut saya adalah momen yang menakjubkan di film ini, saat Lionel membimbing Bertie untuk memberikan pidatonya, dan tepat sebelum Bertie akan memulai, Lionel berkata ; Say it to me…as a friend.

Selama ini Bertie senantiasa menerima kritikan dan tekanan dalam hidupnya, dan saat Lionel hadir sebagai sahabatnya, Bertie berhasil menghilangkan gagapnya dan sukses membacakan pidatonya itu, mungkin bagi sebagian kita hal itu tidak sulit, namun bagi orang seperti Bertie, itu merupakan achievement yang luar biasa.

Sahabat yang baik senantiasa hadir sebagai pendengar, dan memberi dukungan tanpa pamrih, namun apakah selama ini kita sudah menjadi sahabat yang baik ? atau jika kita adalah orang tua, apakah kita sudah menjadi pendengar yang baik bagi anak-anak kita ?

Menjadi pendengar yang baik tidak mudah, sering kali saat sahabat kita sedang menceritakan keluhanya, kita bukannya mendengarkannya malah justru menimpali dengan cerita kita sendiri, bahkan langsung memberikan solusi yang baik menurut pendapat kita, bukan pendapat orang tersebut.

Sampai saat ini pun saya masih terus berusaha menjadi pendengar yang baik, pendengar yang memberikan full-attention dan dengan empati terhadap apa saja yang saya dengarkan ketika sahabat, keluarga, atau anak saya sedang ceritakan kepada saya.  kedengarannya sepele, justru karena hal sepele ini yang sering saya lupakan, misalnya saat saya harusnya mendegarkan orang lain berbicara, namun karena pikiran saya terbang kemana-mana, dan akibatnya saya tidak menangkap apa yang telah orang itu sampaikan kepada saya.

all and all, this is a great-must-see movie, saya sudah ngefans berat sama Geoffrey Rush, dia memang gak usah ditanya lagi deh gimana kualitasnya, one of the best ! juga Colin Firth, yang dengan sempurna menjadi Bertie yang gagap, hilang deh tampang pemuda lugunya sebagai Mark Darcy di Bridget Jones’s Diary.  Tapi sayangnya saya pribadi kurang sreg sama Helen Bonham Carter, bukan gak bagus aktingnya, tapi rasanya aura Red Queen-nya bikin gak cocok jadi King’s wifey, hehehehee 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s