a lesson from Nanny

Sore ini saya menonton acara reality show “Super Nanny”, biasanya saya tidak terlalu antusias dengan acara ini karena topiknya sudah usang bagi saya.

Namun kali ini keluarga yang menjadi bintang tamu adalah pasangan yang baru saja bercerai dengan kedua anak berumur dibawah 5 tahun, hmmm…. interesting.

Ada beberapa hal yang dapat saya pelajari dari acara ini, pertama saat orang tua baru pisah, jelaskan realitanya kepada anak anda sejelas-jelasnya, jangan menggunakan kata kiasan, katakan saja secara gamblang ; “Papa dan mama sudah tidak bisa bersama-sama lagi, namun kami tetap mencintaimu dan akan selalu bersamamu.”

Kedua, pasangan yang pindah dari rumah yang lama harus membuat rumah barunya menjadi tempat tinggal yang nyaman untuk anak-anaknya, bukan hanya untuk dia saja, perlu diingat bahwa anak-anaknya pun akan meluangkan waktu bersamanya, hingga penting baginya untuk menyediakan ruangan khusus untuk anak-anaknya. wah, kalau untuk ruangan khusus bagi anak saya sampai saat ini saya belum bisa memberikannya, namun ini adalah masukan yang baik, saya akan berusaha membuat kamar tidur saya menjadi ruangan yang nyaman juga bagi kedua anak saya.

Ketiga, pembagian jadwal pengasuhan anak harus berdasarkan pada rutinitas anak-anak, berdasarkan dari patokan ini maka kedua orang tua menyusun rencana pembagian jadwal pengasuhan yang disesuaikan dengan rutinitas anak-anaknya.

Keempat, menciptakan komunikasi yang harmonis dengan mantan, dengan tujuan hanya untuk kebaikan anak-anak saja, ini adalah hal yang terpenting, karena anda tidak akan pernah bisa bersama mengasuh anak-anak tanpa adanya komunikasi yang baik dengan mantan.  Jika mantan mulai aneh-aneh, ingatkan dia bahwa inti dari semua yang anda lakukan adalah untuk kebaikan anak-anak, dan tetap berusaha mengerti dan memahami posisi si mantan, bisa saja dia sebetulnya kewalahan mengasuh anak-anak namun egonya membuat ia ingin menunjukkan bahwa dia pun adalah orang tua yang baik, ini wajar saja asalkan dia tetap melakukannya untuk kebaikan anak-anak.

Pada akhir acara itu, keluarga tesebut terlihat harmonis walaupun kedua orang tuanya sudah tidak bersama-sama lagi, kedua anaknya tampak bahagia dan nyaman diantara kedua orang tuanya, dan mereka telah dapat bersama-sama melalui badai cobaan dari perceraian.  Menurut saya ini sangat indah, karena hal ini sedikitnya dapat membuktikan bahwa anak-anak pun dapat merasakan kehangatan kasih sayang orang tuanya yang telah bercerai.

Leave a Reply

