Memilih Sekolah yang Tepat untuk anak

Tahun 2010 akan berakhir dan jika anda adalah orang tua dari anak yang telah memasuki usia sekolah inilah saatnya untuk mencarikan sekolah bagi si kecil.

eh, saya telat menulis artikel ini, karena beberapa sekolah swasta yang sudah beken tentu malah sudah menutup pendaftarannya, namun jangan khawatir, tentu saja anda yang belum mendapatkan jatah bangku sekolah untuk si kecil masih bisa mencarikan beberapa alternatif lainnya. atau, maaf, mungkin mencoba tahun mendaftar tahun depan saja, hihihiii……

back to the point, jadi bagaimana cara mencarikan sekolah yang paling baik untuk si kecil ?

itu semua tergantung dari kriteria yang anda inginkan, apa ingin sekolah umum, swasta atau agamis ? kurikulum konvensional atau modern ? bilingual atau triligual ? active learning atau international standard ? tuition fee mahal amit-amit-selangit atau paket-hemat-tambah-diskon yang irit ?

bingung kan ? ya, saya saja juga bingung setengah mati !

pertama, tentunya sebelum memilih sekolah yang tepat, kita harus mengumpulkan berbagai informasi, bisa dari iklan, namun yang lebih dapat diandalkan tentunya informasi dari sesama orang tua yang sudah menyekolahkan anaknya disekolah tersebut.  pertanyaan penting adalah ; apakah mereka puas dengan kualitas sekolah tersebut, apakah sesuai dengan harapan mereka, dan apakah anaknya enjoy disekolah itu ?

Pada awalnya kita tentu tergiur untuk memasukkan anak kita ke sekolah yang sudah beken, namun pikirkan masak-masak sebelum menetapkan pilihan, datang ke sekolah tersebut dan cari informasi sebanyak-banyaknya, antara lain :

  • kurikulum sekolah, jangan segan-segan untuk menanyakan kurikulum apa yang digunakan disekolah tersebut, dan tanyakan apa manfaatnya bagi anak didik, karena ada juga beberapa kurikulum baru yang terlalu dipaksakan dan hanya akan menjadi beban bagi anak kelak.
  • biaya, tentu saja ini harus ditanyakan, idealnya uang pangkal sekolah dan uang SPP sesuai dengan kesehatan dompet anda, namun untuk beberapa sekolah yang bonafid tentu anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi, namun biaya sekolah yang mahal belum menjamin mutu pendidikan yang anak anda terima akan lebih baik, jadi berhati-hati terhadap hal ini.  juga cermati beberapa poin yang kadang kala tidak disebutkan diawal pendaftaran, seperti biaya daftar ulang, ada saja sekolah yang tidak profesional membebani orang tua dengan biaya daftar ulang setiap tahunnya, ini menurut saya sama saja dengan penipuan !
  • Guru ! ini adalah faktor terpenting dalam memilih sekolah, karena bagaimanapun hebatnya kurikulum yang diterapkan, dan fasilitas yang lengkap, semua itu tidak akan ada artinya tanpa keberadaan para guru yang handal. cari tahu latar belakang pendidikan para guru di sekolah tersebut, kalau ada free trial-nya, saya sangat menganjurkan bahkan mewajibkan anda untuk mencobanya, karena dari itulah kita dapat menilai kualitas guru dan bagaimana mereka berinteraksi dengan anak didiknya.
  • fasilitas, sekolah yang memadai tentunya memiliki fasilitas fisik yang sesuai untuk mendukung kegiatan sekolah, perhatikan bagaimana lingkungannya, bersih atau jorok ? terutama kamar mandinya, karena anak anda akan menggunakannya selama beberapa tahun. dan bagaimana dengan bangunan dan ruangan kelas juga ruang serbaguna ? apa sudah cukup memadai ? lebih bagus lagi jika sekolah tersebut dilengkapi dengan fasilitas tambahan seperti perpustakaan dan laboratorium. saran saya, fasilitas memang penting, namun tetap saja beberapa poin sebelumnya jauh lebih penting dibandingkan dengan kelengkapan fasilitas, jadi jangan mudah tertipu dengan penampakan gedung sekolah yang megah namun menyembunyikan kelemahan sekolah tersebut.

dari keseluruh poin-poin di atas, ada satu hal lagi yaitu proses pendaftaran. mengapa hal ini penting setidaknya bagi saya ? karena saya pernah mengurungkan niat untuk mendaftarkan anak saya pada satu sekolah yang cukup ternama, hanya karena saya merasa janggal dengan penerapan proses pendaftarannya.

dan kejadiannya begini, saat anak saya yang pertama sudah memasuki usia sekolah, sebetulnya belum juga sih, saat itu umurnya masih kurang dari tiga tahun, namun sebagai orang tua yang panikan saya bolak-balik kesana dan kemari untuk mencarikan sekolah yang paling bagus bagi si kecil ini,

kemudian saya mencoba mendaftarkan anak saya pada sekolah yang sudah terkenal ini, ternyata karena peminatnya sangat banyak, bahkan untuk mendaftarkan pada playgroup saja, saya masuk dalam daftar waiting list, itu sudah lebih baik, daripada tidak masuk sama sekali !

dan saat kami mengikuti tesnya…. ya, apa gak gila tuh, untuk masuk playgroup harus melalui tes ??? Tes yang diterapkannya agak aneh, anak saya harus masuk keruangan kelas sendiri dan tidak boleh ditemani oleh orang tua atau babysitternya, wah ini kelewatan menurut saya, karena mana mungkin anak seusia 3 tahun dapat dengan mandiri berpisah dengan orang tuanya dan pergi ke tempat yang asing ? saya perhatikan cukup banyak juga anak-anak balita yang menangis meraung-raung karena ketakutan dipisahkan dengan orang tuanya.

sedangkan anak saya, yah karena dia anak pertama dan masih manja dengan mamanya, dia tidak mau masuk ke ruangan kelas itu, saya tidak dapat memaksanya, dan kami pun tidak lulus tes tersebut, namun pihak sekolah masih berbaik hati memberikan tes susulan (apa ???) hanya saja saya sudah tidak berminat lagi…..

ini adalah metode licik dari sekolah itu untuk menyaring calon anak didik, jadi mereka selanjutnya sudah tidak perlu pusing lagi dengan anak-anak yang tidak mandiri atau bahkan yang memiliki kebutuhan khusus, padahal setahu saya untuk playgroup, TK, bahkan SD ada peraturannya yang tidak memperbolehkan sekolah mengadakan ujian masuk !

saya langsung tidak bersimpati dengan sekolah tersebut, dan pergi mencari sekolah yang lainnya.

intinya adalah, tidak ada sekolah yang sempurna, setiap sekolah memiliki kelebihan dan kekurangannya, tentu saja semua hal tersebut kembali kepada harapan orang tua dan kebutuhan anak anda dalam menimba ilmu dari institusi tersebut. mudah-mudahan tulisan ini bisa cukup membantu anda dalam menentukan sekolah yang baik bagi si kecil.

Leave a Reply

